Virgil Van Dijk berduel dengan Cristiano Ronaldo di final UEFA Nations League antara Belanda vs Portugal. © AP Photo
JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Virgil Van Dijk mengaku kecewa Belanda dikalahkan oleh Portugal di final UEFA Nations League namun menegaskan hasil itu tak akan merusak perkembangan apik skuat Oranje sejauh ini.

Belanda mendapat tiket masuk ke final setelah sebelumnya mengalahkan Inggris dengan skor 3-1. Pasukan Ronald Koeman ini pun cukup pede bisa mengalahkan Cristiano Ronaldo cs.

Akan tetapi Belanda tampil kurang berani khususnya sebelum gawangnya kebobolan. Mereka tampil lebih baik setelah gawang Jasper Cillessen dijebol Goncalo Guedes.

Akan tetapi usaha mereka sia-sia saja karena lini serang mereka tampil tak cukup bagus. Pada akhirnya Belanda harus kalah dengan skor 1-0 dari Portugal.

Hasil ini jelas membuat Van Dijk kecewa. Namun ia tetap berbesar hati untuk memberikan ucapan selamat pada skuat Portugal.

“Jelas kami kecewa kami tidak memenangkan final, tetapi kami harus memberi selamat kepada mereka [Portugal] juga. Kami sedikit tidak beruntung hari ini, tetapi kami harus sangat bangga dengan diri sendiri, menjaga kepala tetap tegak, mendapatkan Liburan yang pantas sekarang dan setelah itu pastikan kami siap untuk kualifikasi (Euro 2020),” cetusnya pada Sky Sports.

“Pada awal turnamen saya tidak berpikir ada orang akan percaya kami jika kami mengatakan kami akan mencapai final. Kami membuat banyak kemajuan, kami harus sangat bangga dengan diri kami sendiri. Sekarang, kekecewaan adalah hal yang ada di kepala kita tetapi kita harus tetap mengangkat kepala kita,” tegasnya.

Belanda sebelumnya mengalami masa-masa suram. Skuat Oranje tampil buruk hingga akhirnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Namun mereka bisa bangkit di ajang UEFA Nations League ini. Mereka mampu melaju jauh dengan lolos dari grup yang berisikan tim seperti Jerman dan Prancis.

Van Dijk menyebut skuat Oranje menunjukkan perkembangan sangat bagus dalam 12 bulan terakhir. Dan ia mengatakan perkembangan itu tak akan rusak hanya karena hasil negatif lawan Portugal ini.

“Ini seharusnya tidak merusak perkembangan kami,” kata bek Liverpool itu kepada NOS setelah kalah dari Portugal.

“Kami mengambil langkah besar sebagai tim, dan kami harus terus melakukannya. Kami bisa bangga pada diri sendiri,” pungkasnya.TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR