Barito Putera Curi Satu Poin di Kandang Persebaya

Barito Putera Curi Satu Poin di Kandang Persebaya

209
0

Pemain Persebaya Ruben Sanadi saat melakukan tendangan bebas di laga melawan Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa (9/7/2019). (Foto Fiqih Arfani)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Barito Putera menahan Persebaya dengan skor seri 2-2 pada laga tunda pekan keempat Liga 1 musim kompetisi 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa sore.

Gol-gol tuan rumah dicetak Damian Lizio menit ke-79 dan Manuchehr Jalilov menit ke-87, sedangkan dua gol tim tamu dicetak Rafael Da Silva menit ke-70 dan 90+1.

Jalannya pertandingan, pada menit ke-9, peluang Barito Putera didapat melalui tendangan bebas yang dilakukan Rizky Pora, tapi masih berhasil dibuang oleh barisan pertahanan Persebaya dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Semenit berselang, giliran tuan rumah melakukan serangan balik melalui Damian Lizio, Manuchehr Jalilov dan Irfan Jaya, tapi masih gagal karena ketatnya lini belakang tim tamu.

Kembali Irfan Jaya mengancam di sisi kiri barisan pertahanan Barito Putera, tapi tendangan keras kaki kanannya masih menyamping di kanan gawang yang dijaga Adhitya Harlan.

Pemain timnas itu kembali mengancam gawang Barito Putera, tapi lagi-lagi tendangannya belum tepat sasaran dan kali ini masih di atas mistar gawang.

Peluang terbaik didapat Manuchehr Jalilov di menit 38 saat pemain timnas Tajikistan mendapat umpan matang dari Irfan Jaya di depan gawang, tapi tendangannya malah tipis di sisi kiri gawang.

Di lima menit akhir, “Bajul Ijo” mendapat peluang melalui dua tendangan bebas, tapi Damian Lizio dan Ruben Sanadi masih belum mampu memanfaatkannya.

Hingga satu menit tambahan waktu babak pertama, tak ada gol yang tercetak di pertandingan yang disaksikan sekitar 10 ribu penonton tersebut.

Sementara itu, babak kedua berjalan belum satu menit, Barito Putera mendapat peluang emas melalui Andri Ibo memanfaatkan tendangan bebas Evan Dimas Darmono, tapi sontekannya di muka gawang masih diblok kiper Miswar Saputra.

Menit ke-48, giliran Damian Lizio mendapat kesempatan melalui tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti, tapi sepakannya yang menyusur tanah masih menyamping di sisi kiri tiang gawang.

Menit ke-54, kerja sama Osvaldo Haay dan Irfan Jaya di dalam kotak penalti nyaris membuahkan hasil, tapi kiper Adhitya Harlan berhasil memblok sepakan keras Irfan Jaya dan membuahkan tendangan penjuru.

Lagi-lagi Irfan Jaya mendapat kesempatan emas mencetak gol pada menit ke-57 dan tinggal berhadap-hadapan dengan kiper, tapi tendangannya melambung ke atas mistar.

Terus ditekan, pelatih Barito Putera Yunan Helmi memasukkan pemain naturalisasi Gavin Kwan menggantikan Samsul Arif pada menit ke-61 dan menit ke-68 Ferdiyansyah menggantikan Paulo Sitanggang.

Hasilnya, menit ke-70 striker Rafael da Silva sukses mengoyak jala Persebaya melalui sontekan kaki kanannya di muka gawang usai menerima umpan Rizky Pora.

Tertinggal, pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman memainkan Fandi Eko Utomo menggantikan Misbakus Solikin di lini tengah.

Gempuran tuan rumah akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-79 setelah umpan silang Ruben Sanadi disambar Damian Lizio tepat di mulut gawang Adhitya Harlan.

Tak ingin kehilangan poin di kandang, Persebaya terus menyerang dan menghasilkan peluang hingga akhirnya Manuchehr Jalilov membawa timnya unggul di menit ke-87 setelah sundulannya meluncur deras masuk ke gawang Adithya Harlan.

Target tiga poin tuan rumah sirna di menit ke-90+1 setelah Rafael Da Silva menyamakan kedudukan melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan Ferdiyansyah.

Hingga wasit Oki Dwi Putra Sanjaya asal Jawa Barat meniup peluit akhir, skor 2-2 tidak berubah.TOR-06

TINGGALKAN KOMENTAR