BONEBOLANGO-(TribunOlahraga.com)

Selain memiliki Danau Limboto di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo juga punya Danau Perintis di Suwawa Kabupaten Bonebolango. Memang panjang Danau Perintis hanya diperkirakan sekitar 800 meter, namun potensial untuk pengembangan olahraga perairan seperti ski air, wakeboard dan dayung.

Paling tidak untuk pengembangan bagi atlet pemula yang punya bakat menjadi atlet profesional. Sama halnya dengan Danau Limboto, Danau Perintis juga tengah ditata dan diperbaiki.

Salah satu tokoh dan pembina olahraga Gorontalo, Mud Mada mengatakan baik Danau Limboto maupun Danau Perintis masih bisa dimanfaatkan untuk pengembangan olahraga perairan.

Apa yang dikatakan mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo ini memang benar. Apalagi olahraga perairan khususnya ski air telah menorehkan sejarah manis bagi Gorontalo dengan merebut medali emas pada ajang PON 2012 lalu di Riau melalui atlet putrinya Ummuh Toibatusolihah.

Sejujurnya sampai saat ini baru dua cabang olahraga yang mampu menorehkan emas di ajang PON. Selain ski air juga sepak takraw yang masih bisa mempertahankan tradisi emas Gorontalo pada PON 2016 lalu di Jabar.

Dengan tak bermaksud mengecilkan peran cabang olahraga lain, semestinya Gorontalo fokus dulu pada pembinaan dua cabang olahraga tersebut ski air dan sepak takraw jika ingin mempertahankan tradisi medali emas di ajang PON.

Untuk cabang olahraga sepak takraw memang masih bisa menjadi andalan karena cabang ini pembinaannya dan kompetisinya masih berjalan. Sementara ski air dan wakeboard dengan kondisi pembinaannya yang boleh dibilang nyaris tak ada, tampaknya sulit untuk diharapkan mengulangi prestasi pada PON 2012.

Pada PON 2020 Papua, Gorontalo masih tetap mengandalkan sepak takraw untuk mempertahankan tradisi medali emas. Sedangkan ski air cukup berat. Namun jika ingin melihat potensi jangka panjang semestinya KONI Gorontalo harus mendorong pembinaan cabang olahraga ski air dan wakeboard dengan memanfaatkan fasilitas danau yang ada.

PSAWI Gorontalo yang terkesan ”tidur” harus dibangunkan kembali untuk lebih serius membina atlet ski air dan wakeboard. TOR-10

 

TINGGALKAN KOMENTAR