Bupati Muaro Jambi Hajjah Masnah Busro SE berpose bersama Ketua Umum KONI Muaro Jambi Patahila SE dan Sekum Pengprov PSTI Jambi Sudirman.(Foto/ist)

Suksesnya penyelenggaraan Kejuaraan Sepak Takraw se-Provinsi Jambi, 11-12 Juli lalu di Muaro Jambi tak lepas dari adanya dukungan Bupati Muaro Jambi, Hajjah Masnah Busroh SE. Sehari sebelum pelaksnaan even, para peserta dijamu langsung orang nomro satu di Muaro Jambi ini.

Tampaknya Ibu Hajjah Masnah memahami betul filosofi olahraga tak hanya bicara pertandingan belaka, ada yang kalah ada yang menang. Tetapi lebih dari itu olahraga adalah perekat persatuan dan persahabatan.

Di balik jamuan itu pun sang Bupati Muaro Jambi ini juga berpesan bahwa melalui olahraga kita bisa membangun manusia unggul baik dari segi fisik maupun mental. Kepedulian Ibu Hajjah Masnah terhadap olahraga khususnya sepak takraw juga cukup tinggi.

Buktinya dalam kejuaraan sepak takraw se-Provinsi Jambi ini, tuan rumah mampu menjadi juara untuk regu putra. Regu putra Muaro Jambi menjadi juara setelah di laga final mengalahkan juara bertahan Bungo dengan skor 2-0. Sukses itu membuat regu putra Muaro Jambi menyabet Piala bergilir Gubernur Jambi yang sebelumnya dalam genggaman regu Bungo.

Sejatinya memang perkembangan olahraga suatu daerah tak bisa lepas dari peran dan dukungan pemerintah daerah baik mulai level Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Muaro Jambi pun memang sedang berupaya keras menjadikan sepak takraw sebagai cabang olahraga unggulan.

Bahkan tak berlebihan jika Muaro Jambi tak hanya ingin menjadi basis pembinaan sepak takraw di Jambi juga secara nasional. Untuk menuju ke sana jelas membutuhkan dukungan dana yang tak sedikit. Oleh karenanya peran serta pemerintah sebagai pemegang kebijakan dalam hal pendanaan amat dibutuhkan.

Baik Kemenpora maupun KONI Pusat sudah menempatkan posisi pemerintah di level Provinsi hingga Kabupaten/Kota sebagai penggerak untuk berkembangnya suatu cabang olahhraga.

Terkait dengan itupun Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Pusat selalu memberikan  apresiasi khusus bagi pucuk pimpinan di daerah baik Provinsi (Gubernur) maupun Bupati dan Walikota melalui acara tahunan Golden Awards.

Pada tahun ini Golden Awatds digelar di Surabaya, Jatim bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN), 9 Pebruari. Bupati Muaro Jambi, Hajjah Hasnah Busro tampaknya bisa diusulkan sebagai kandidat penerima penghargaan untuk kategori Bupati Peduli Olahraga tahun 2020.

Bukan suatu hal berlebihan karena Ibu Hajjah Masnah telah membuktikan kepeduliannya terhadap pembangunan olahraga di daerah Muaro Jambi. (Suharto Olii)

TINGGALKAN KOMENTAR