SUKSES perhelatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional(POMNas) ke-16 2019, tak terlepas dari peranan Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) DKI Jaya yang menyediakan fasilitas venues yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jaya selaku tuan rumah penyelenggara.

Di wilayah Jakarta Timur sendiri ada tiga Gelanggang Olahraga (GOR) yang digunakan untuk menggelar berbagai cabang olahraga yakni, GOR Otista untuk cabang olahraga Tarung Derajat dan Anggar, GOR Pulogadung untuk Bulutangkis dan GOR Matraman untuk cabang Sepak Takraw.

Menurut Kepala Unit Pengelola Gelanggang Remaja Jakarta Timur, Wisnu Dewanto, semua fasilitas yang disediakan oleh pihaknya memenuhi syarat untuk menggelar cabang olahraga multi event seperti POMNas.

“Alhamdullilah untuk POMNas kali ini kita maksimalkan semua fasilitasnya dari mulai persiapan hingga pertandingan berlangsung. Yang jelas sesuai dengan arahan Pak Gubernur Anis Baswedan melalui Kadispora DKI Jaya agar kami ikut mendukung dan menyukseskan ajang ini hingga berjalan sukses, ” kata Wisnu Dewanto.

Wisnu Dewanto yang membawahi sekitar 10 GOR tingkat Kecamatan dan 4 GOR di wilayah Kota Jakarta Timur itu mengatakan, fasilitas GOR yang ada di wilayahnya multi untuk semua cabang olahraga.

“Meski ada beberapa GOR khusus, seperti GOR PKP khusus untuk Futsal dan Bola Basket saja. GOR Otista untuk Bola Volley dan Bola Basket, karena sewaktu Asian Games 2018 lalu GOR ini dipergunakan sebagai tempat latihan untuk cabang Bola Voli. Namun cabang olahraga lainnya seperti Futsal dan Beladiri bisa digelar di Otista,” ungkapnya.

Dikatakan, kedepannya pihak Dispora DKI Jaya kedepannya akan membangun beberapa fasilitas olahraga yang sifatnya multifungsi dan membangun sentra-sentra fasilitas olahraga seperti di Gelanggang Remaja Jakarta Timur(GRJT) rencananya dibangun sebagai sentra cabang olahraga beladiri. Kemudian sentra Aquatic di Wilayah Jakarta Utara, dan di wilayah Barat dan Selatan sebagai sentra cabang olahraga permainan.

“Kemudian juga akan dibangun fasilitas olahraga multifungsi. Kebetulan di wilayah saya seperti untuk cabang Futsal masih sedikit fasilitas yang tersedia. Namun, kedepannya akan dibangun beberapa fasilitas lagi untuk cabang ini, ” tandasnya.

Sementara untuk infrastruktur fasilitas yang ada di wilayahnya, menurut Wisnu, tidak semua berupa bangunan baru. Yang terbaru di wilayahnya adalah GOR Matraman selesai 2018 dan di 2019 renovasi GOR Duren Sawit, di 2020 ada 4 GOR rencana renovasi yakni, Kramat Jati, Pasar Rebo, Cakung, dan Jatinegara.

“Namun karena keterbatasan APBD hanya ada dua GOR yang sifatnya urgensi harus segera dikerjakan untuk direnovasi yakni, Cakung dan Kramat Jati, ” paparnya.TOR-09

TINGGALKAN KOMENTAR