Ariwangsa menyerahkan bendera pataka Siwo DKI Jaya kepada Agus Susanto (Foto/Olii)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Mengingat keberadaannya berada di ibukota RI, Seksi Wartawan Olahraga (Siwp) PWI DKI Jakarta harus jadi pionir dalam mengawal prestasi olahraga nasional. Pasalnya olahraga DKI adalah barometer keberhasilan olahraga secara nasional.

Hal itu disampaikan Ketua Siwo PWI Pusat AA Gungde Ariwangsa saat mengkuhkan kepengurusan Siwo DKI Jakarta periode 2019-2024 yang diketuai Agus Susanto di Sekretariat Siwo PWI Pusat Lantai 8 Kantor KONI Pusat, Senayan Jakarta, Kamis, (31/10).Gambar mungkin berisi: 5 orang, termasuk Toni Bramantara, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

Ariwangsa selaku Ketua Siwo Pusat menyerahkan dokumen berita acara pelantikan Ketua Siwo DKI Jaya kepada Agus Susanto (Foto/OLII)

Ariwangsa dalam pengararahannya menyebut betapa strategisnya posisi Siwo DKI Jakarta karena keberadaannya berada di ibukota..”Dalam bidang apa pun, DKI itu selalu jadi barometer keberhasilan termasuk di bidang olahraga. Pandangan seperti itu adalah wajar karena semua fasilitas sarana dan parasana olahraga di DKI sudah standar internasional,”kata Ariwangsa yang didampingi Sekjen Siwo Pusat Suryansyah Mansur dan anggota Bambang Prihandoko ini.

Terkait pelantikan ini, Ari yang juga mantan Ketua Siwo DKI Jakarta kemudian menjelaskan bahwa secara organisatoris berada di bawah naungan PWI Jaya. Namun dalam fungsional merupakan perpanjangan tangan Siwo Pusat.

Esensi lainnya dari pelantikan ini, lanjut Ariwangsa adalah memudahkan Siwo DKI dalam mendapatkan alokasi anggaran dari KONI Provinsi DKI. Karena posisi Siwo DKI adalah anggota KONI Provinsi DKI.

Sejarah mencatat, peran Siwo dalam pembinaan olahraga nasional sangat penting. Siwo adalahsalah satu pendiri KONI Pusat sehingga secara otomatis pula menjad anggota KONI Pusat. Bahkan pada Rakernas PWI tahun 1993 di Cipayung, Bogor, Jabar lahir ”Deklarasi Cipayung” tentang peran Siwo sebagai salah satu unsur pembina olahraga.

”Jadi ini semacam penguatan saja, sama halnya Siwo Pusat yang menjadi anggota KONI Pusat meski secara organisasi profesio berada di bawah naungan PWI Pusat,”tambah pria berdarah Bali yang juga wartawan olahraga senior ini.

Sementara itu Agus Susanto berjanji akan berada di garda terdepan terkait pembinaan olahraga prestasi bukan hanya di DKI juga secara nasional.”Memang Siwo DKI secara fungsional anggota KONI Provinsi DKI Jakarta namun keberadaannya sangat strategis karena bisa mengontrol langsung pembinaan olahraga secara nasional. Pasalnya hampir semua cabang olahraga menggelar pelatnas di Jakarta,”katanya.

Dalam menjakankan tugasnya sebagai Ketua Siwo DKI Jaya, Agus Susanto didampingi Fitrianto (Republika) sebagai Wakil Ketua, Femi Diah (Detik.com) sebagai Sekretaris, Brigitha Sesilya (Harian Nasional/ Wakil Sekretaris), Herwan Febriansyah (Harian Indonesia/Bendahara), Markon Pillian (Suara Karya.co.id/Wakil Bendahara), Raden Wuryanto (Rakyat Merdeka/Kesejahteraan) dan Toni Bramantoro (Tribunnews.com/Bidang Umum). TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR