Ustadz Koko Liem (tengah) bersama Haji Syarifudin (kiri) dan penulis Suharto Olii (kanan) (Foto/OLII)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Pelaksanaan ibadah sholat Jumat, (8/11) di kantor KONI Pusat, gedung Pusat Pengelola Gelora Bung Karno (PPGBK) tadi terasa sedikit istimewa. Pasalnya Panitia Hari Besar Islam (PHBI) KONI Pusat dan PPGBK menghadirkan Ustadz Koko Liem sebagai khotib.
Ustadz Koko Liem yang memiliki nama Haji Muhammad Ustman Ansori SQ, MA AI Hafiz adalah seorang etnis Tionghoa yang memeluk agama Islam sejak Juli 1994. Ia pun telah berhasil mensyiarkan keagungan agama Islam di lingkungan keluarga besarnya.Gambar mungkin berisi: 1 orang
Di sela-sela penyampian khotbahnya, Koko Liem menyebutkan bahwa selama 25 tahun memeluk agama Islam, sudah lebih dari 15 anggota keluarganya mendapatkan hidayah dari Allah SWT mengikuti jejaknya.
Menurut Koko Liem, dalam menyiarkan agama Islam dirinya berpedoman pada dakwah Rasulullah SAW yang mengutamakan kasih sayang bukan dengan paksaan.”Karena dalam beragama apalagi memeluk agama Islam tak boleh dengan paksaan. Laa Ikraaha fid Diin’,”kata pria kelahiran Dumai, 17 Januari 1979 ini.
Koko Liem juga kedua orang tuanya,  Liem Guanho dan Laihua telah memeluk agama Islam. Begitu juga saudara-saudaranya yang lain. Dengan berpedoman pada cara dakwah Rasulullah SAW, Pengasuh Pondok Pesantren Pembinaan Muallaf “Sheng Hoo Budaya” Sentul Selatan Bogor Jawa Barat ini mengaku semuanya itu merupakan hidayah Allah SWT.
Pada bagian akhir khotbahnya, Koko Liem juga mengingatkan seluruh umat Islam di Indonesia menjadi rahmat bagi seluruh alam. ”Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke bumi ini oleh Allah SWT hanya untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam, Rahmatan Lil Alamin. Jadi dalam mendakwahkan agama Allah yakni Islam ini, Baginda Rasulullah SAW dengan penuh kesabaran, kelembutan dan kasih sayang,”paparnya.Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih
Di tengah kesibukannya sebagai Dai, Ustadz Koko Liem juga membuka usaha perjalanan Haji dan Umroh bersyariah sesuai dengan tuntunan agama Islam. Melalui bendera Green Ihram Baitullah yang berkantor di Rukan Sentra Office (RSO) Grand Galaxy, Jalan Boulevard Raya No.05-06 Jaka Setia, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jabar, program ibadah Haji dan Umroh yang dikelola Ustaz Koko Liem ini menggunakan prinsip dari umat untuk umat.
”Prinsipnya kami memberikan kesempatan kepada umat Islam menjalankan ibadah Haji atau Umroh tanpa harus memikirkan untung ruginya. Para calon haji atau umroh bisa melakukan pembayaran dengan cara menyicil setelah kembali dari tanah suci. Jadi kita meringankan langkah jamaah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima itu,”papar Koko Liem.TOR-09

TINGGALKAN KOMENTAR