DENPASAR-(TribunOlahraga.com)

SEJARAH olahraga di Pulau Dewata Bali akan mencatat torehan sekeping medali emas pertama bagi tim Taekwondo Bali di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV / 2019 yang berlangsung di IPC Corporate University, Kabupaten Bogor – Jawa Barat, 18 – 20 Nopember 2019.

Adalah lewat taekwondoin asal Buleleng, Ni Luh Aprilia Tribhuana Chigayatri (46 kg) putri yang berhasil merebut medali emas, setelah dipartai final mengalahkan DKI dengan skor telak 25-6.

Kemenangan tersebut pun tak hanya disambut gembira oleh seluruh insan taekwondo Bali, khususnya tim dan keluarga para atlit, tapi juga KONI Bali selain yang tentunya Dispora Bali, dinas kepemerintahan yang mengirimkan para petarung remaja Bali ini dilevel tingkat pelajar nasional.

KONI Bali yang diwakili Sekretaris Umum, I Gusti Ngurah Oka Darmawan seijin Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi pada Senin (25/11/2019) siang di ruang kerjanya di kantor KONI Bali, Denpasar menuturkan, bahwa KONI Bali sebagai induk semang seluruh cabang olahraga (cabor) di Bali merasa sangat bangga juga terharu dengan perjuangan tim taekwondo Popnas Bali yang dipimpin pelatih senior Ade Iwan Setiawan (DAN V Kukkiwon) bersama rekannya Agus Indra (DAN III Kukkiwon).

“Kami memberikan apresiasi setinggi tingginya bagi tim taekwondo Bali di Popnas XV / 2019 ini. Apalagi medali emas tersebut adalah yang pertama bagi Bali di ajang tingkat pelajar nasional. Sekali lagi, kami bangga dan berharap emas ini bisa terus dipertahankan kedepan, hingga tradisi seperti ini bisa terus diulang.”ujar Oka Darmawan dihadapan awak media olahraga.

Untuk diketahui, bahwa keikutsertaan Bali diajang dua tahunan tersebut sudah sejak tahun 2011 di Riau. Dibawa pelatih Wayan Sumada, tim taekwondo Popnas Bali kala itu hanya meraih 2 medali perunggu lewat Vina Warapsari dan Carlos Valderama. Seterusnya baru ditahun 2015 di Bandung, Jawa Barat, ada peningkatan menjadi 1 perak dan 2 perunggu. Dua tahun berikutnya di Popnas 2017, kembali hanya 2 perunggu dibawa pulang, masing lewat Evelin (poomsae) dan taekwondoin yang berlatih di dojang Secta, Ayu Wida Adhyanti (kyurogi 68 kg putri).

Nah, emas yang dinanti selama 8 tahun itu baru bisa tercipta di tahun 2019 ini lewat perjuangan luar biasa Ni Luh Aprilia Tribhuana. Melewati hadangan taekwondo NTT (29-2) Kaltim (15-1), DIY (15-2) dan DKI dilaga puncak dihajar telak 25-2.

“Selamat buat tim taekwondo Popnas Bali 2019 dan tentunya selamat untuk Dispora Bali yang akhirnya bisa mendapatkan emas dari cabor beladiri asal Korea tersebut.”ucap Oka Darmawan.(Yan Daulaka/TOR-10)

TINGGALKAN KOMENTAR