Menpora Zainudin Amali beraksi dengan masker saat membuka kompetisi sepakbola Liga 2 yang kemudian ditundanya di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020)

 

BALIKPAPAN-(TribunOlahraga.com)

Serangan virus corona (Covid-19) membingungkan para petinggi olahraga Indonesia. Buktinya, Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora)  Zainudin Amali belum sehari membuka kompetisi sepakbola Liga 2 dan bahkan menyatakan kompetisi jalan terus sudah harus putar haluan. Tiba-tiba saja Menpora menyatakan menunda bukan saja Liga 2 tetapi juga Liga 1.

Pencabutan kata-kata terus melanjutkan dan diganti dengan penundaan itu dilakukan Menpora setelah berdiskusi dengan PSSI beserta jajarannya usai membuka Liga 2 Tahun 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020) malam. Dari sini Menpora sadar, semakin ke sini dia melihat olahraga Indonesia butuh perhatian khusus terhadap penyebaran virus corona khususnya sepakbola .

“Tadi kami sudah diskusi dan rapat. sudah menghasilkan solusi untuk itu PSSI akan sampaikan hasilnya,” ujarnya seperti dilansir tribunnews.com.

Usai menpora memberikan sambutan, Ketum PSSI Mochamad Iriawan langsung membeberkan hasilnya. Liga 1 dan Liga 2 ditunda mulai hari Senin (16/3/2020) hingga dua pekan ke depan sembari melihat perkembangannya.

“Dari sore kami sudah diskusi berkaitan dengan corona. Dinamika makin meningkat tadi saya minta Exco kumpul, dari hasil ini disepakati bahwa Liga 1 berhenti mulai Senin, kemudian liga 2 juga,” ucapnya.

Menpora pun mengparesiasi keputusan yang diambil Ketum PSSI. Hal itu sekaligus menunjukkan hasil dari rapat Jumat lalu yang setiap cabor diberi hak untuk menentukan cara mengatisipasi virus corona.

“Pemerintah berterima kasih atas PSSI yang sangat bijak. Itu artinya kita sangat serius, menanggapi apa yang disampaikan WHO dan kemenkes. Liga terakhir besok, sampai dua minggu sambil menunggu perkembangan,” ujar Menpora

Keputusan untuk menunda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini mulai Senin 16 Maret 2020. Penundaan kompetisi akan berlangsung hingga 2 pekan ke depan. Artinya, sejumlah pertandingan yang digelar pada hari Minggu 15 Maret 2020, masih bisa digelar seperti biasa. Namun, untuk laga Liga 1 dan Liga 2 yang digelar Senin 16 Maret 2020, ditunda sampai jadwal baru keluar.

 

“Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas penyebaran virus corona,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, seperti dikutip situs resmi, Sabtu 14 Maret 2020.

Sebelumnya, seperti dilansir kompas.com, Menpora RI membuka secara resmi kompetisi Liga 2 Indonesia. Kompetisi Liga 2 resmi bergulir pada Sabtu (14/3/2020). Laga antara Persiba Balikapapan dan Kalteng Putra menjadi pertandingan pembuka kompetisi kasta kedua Liga Indonesia ini. Pembukaan sekaligus laga Persiba vs Kalteng Putra berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/3/2020) pukul 19.00 WITA atau 18.00 WIB.

Menpora Zainudin Amali menyampaikan pemerintah sangat mengapresiasi kerja PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam menyelenggarakan kompetisi Liga Indonesia. “Malam ini kita akan menyaksikan kickoff Liga 2, bulan lalu sudah dilakukan kickoff Liga 1. Pemerintah sangat mengapresiasi kerja PSSI dan PT LIB dalam menyelenggarakan kompetisi di awal tahun dengan tepat waktu,” kata Menpora.

Jika tak ada halangan dan larangan yang dikeluarkan oleh pemerintah, Zainudin Amali pun meminta PSSI dan PT LIB untuk terus melangsungkan kompetisi sesuai jadwal.

“Terima kasih atas dukungan dan supportnya. Selamat bertanding Liga 2. Malam ini, saya nyatakan Liga 2 resmi dimulai,” kata Menpora . TOR-10

TINGGALKAN KOMENTAR