Pengetahuan seorang pemain tentang kemungkinan bagaimana suit sisa di satu warna terbagi akan memudahkan untuk memainkan kombinasi yang dipegang. Kalau kita membaca Official Encyclopedia of Bridge ada ratusan kombinasi yang sering muncul dan yang pasti akan sangat sulit buat kita mengingatnya.

Saking banyaknya tentu saja untuk bisa memainkan dengan baik paling tidak kita harus mencoba memahami bagaimana kemungkinan suit itu terbagi. Selain itu satu hal yang perlu diingat, cara memainkan suatu kombinasi kartu akan sangat ditentukan oleh berapa trik yang dibutuhkan.
Sebagai contoh:

S AKQ65

S 42

Kalau anda membutuhkan 5 trik, hanya ada satu cara, main S A,K dan Q dan berharap sisa kartu diluar terbagi 3-3.
Tapi kalau anda hanya membutuhkan 4 trik dan di di dummy misalnya sudah tidak ada entry maka anda harus main S2 dan di meja main S5. Cara main seperti ini akan berhasil walaupun pembagian spade diluar terbagi 4-1.

Cara main yang terakhir ini lebih dikenal dengan istilah “safety play”. Jadi, pemain hanya berkonsentrasi untuk mendapatkan trik yang dibutuhkan dan rela berkorban 1 trik kalau suit yang tersisa terbagi rata. Dengan cara main seperti ini walaupun suit terbagi tidak rata akan aman mendapatkan trik yang dibutuhkan.

Contoh lain :

S 1054

S AKQ72

Contoh ini sangat sering salah dimainkan. Kalau membutuhkan 5 trik tidak ada jalan lain terpaksa berharap suit terbagi 3-2. Cara bermain seperti ini akan salah diterapkan jika hanya membutuhkan 4 trik. Cara bermain yang benar tentu saja jika entry tidak ada masalah adalah main S2 kearah S10. Cara bermain seperti ini akan aman terhadap pemabagian 4-1.

Untuk pembagian 5-0 akan aman kalau barat pegang 5 kartu karena S10 akan jadi trik. Sebaliknya kalau timur yang pegang 5 walaupun S10 kalah dengan SJ tapi declarer bisa mendapatkan 4 trik dengan potong S98 dari timur asalkan ada entry.

9/U/TB
S 8432
H 8
D AK642
C A83
S K S J76
H Q109543 H KJ2
D 87 D QJ109
C 7654 C J109
S AQ1095
H A76
D 53
C KQ2

Barat Utara Timur Selatan
1D Pass 1S
Pass 2S Pass 4NT
Pass 5H Pass 6S
//

Barat led D8 dan declarer menang dengan DK. Kelihatan dengan jelas tidak ada masalah diwarna lain kecuali trump. Kunci yang sangat menentukan kontrak ini berhasil akan sangat ditentukan bagaimana cara declarer memainkan kombinasi trump.

Kalau declarer main S2 dan ketika timur taruh S6 declarer main SQ maka pada kesempatan berikut declarer akan mendapat problem baru apakah akan potong lagi SJ atau drop. Hal yang sama akan terjadi jika pada trik kedua potong dengan S10 dan barat menang dengan SJ. Karena barat bisa saja pegang SKJ doubleton.

Cara main yang benar adalah main SA dan jika tidak ada honor yang jatuh turun kedummy untuk main S kecil dari dummy kearah Q. Kalau barat pegang SKJx tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghindari kalah 2 trik. Tapi untuk pembagian lain akan aman hanya kalah 1 trik. Kalau pembagian seperti diagram diatas malah tidak akan kalah 1 trikpun dari trump.

Coba anda bayangkan jika declarer main finesse Q. Pada kesempatan berikut ia akan tetap menghadapi masalah.

Papan berikut diambil dari PABF 2001 di Singapura ketika Indonesia berhadapan dengan Australia.

5. S Q 10 3 2
U/US H J 6 3
D K 9
C 9 5 3 2
S K 6 5 S A J 8 7 4
H K H A 10 9 7
D Q J 6 5 3 D A 10
C A K 7 5 C J 10
S 9
H Q 8 5 4 2
D 8 7 4 2
C Q 8 6

Open Room
Barat Utara Timur Selatan
Sacul Fordham Polii Prescott
Pass 1S Pass
2D Pass 2H Pass
2S Pass 3D Pass
4C Pass 4H Pass
6S //

Menerima lead Heart, saya menang HK kemudian potong Diamond. Pilihan memainkan Diamond lebih dahulu berguna untuk menentukan cara bermain Spade. Setelah menang D10 kemudian ambil AA dan Utara jatuh DK, saya langsung main SA.

Mengapa SA? Untuk menjaga utara singleton S9 atau S10. Selanjutnya pada trik berikut main S4 dan karena selatan sudah tidak ada spade, ambil dengan SK dilanjutkan serang spade lagi dan kontrak sudah aman. Seandainya Utara jatuh S9 atau S10 bukan Selatan maka pada trik berikutnya penulis akan main S6 untuk safety play.

Berbeda cara main jika DK ada di selatan. Karena tidak boleh kalah 1 trik di spade maka satu-satunya jalan adalah main SK dilanjutkan main spade ke J dengan harapan utara pegang SQ. Di Closed Room kontrak 4S bikin 5.(Penulis adalah pemain dan pemerhati bridge).

TINGGALKAN KOMENTAR