JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

JUARA Italia Terbuka 2020 yang juga mantan juara Prancis Terbuka, Simona Halep menjadi salah satu petenis yang difavoritkan meraih gelar di turnamen Prancis Terbuka tahun ini.

Ia menjadi salah satu petenis unggulan selain, peringkat satu dunia, Ashleigh Barty dan juara US Open baru-baru ini Naomi Osaka.

Sementara, Serena Williams yang tengah mengincar gelar Grand Slam nomor tunggal ke-24, diragukan mampu merebut gelar di turnamen tenis lapangan tanah liat itu tahun ini, meski ia pernah meraih gelar pada 2002, 2013 dan 2015.

Petenis Garbine Muguruza, yang mengalahkan Williams di final 2016, adalah penantang lainnya sementara mantan petenis nomor satu dunia Victoria Azarenka berharap untuk mengambil momentum dari perjalanannya ke final US Open untuk berlaga di lapangan tanah liat kali ini.

Runner-up tahun lalu Marketa Vondrousova akan kembali menargetkan performa terbaiknya setelah lolos ke semifinal Italia Terbuka pekan lalu, sebelum langkahnya dihentikan oleh rekan senegaranya Karolina Pliskova.

Petenis peringkat empat Ceko itu mundur dari final karena cedera paha setelah kehilangan set pertama dari Halep, yang memperpanjang rekor kemenangannya menjadi 14 pertandingan setelah merebut gelar kedua berturut-turut setelah keluar dari zona terkunci akibat pandemi covid-19.

Pliskova, unggulan kedua di Paris, mengatakan Halep tidak diragukan lagi menjadi favorit juara untuk turnamen kali ini, didukung oleh mundurnya jadwal turnamen karena virus corona.

“Saya pikir ia akan menjadi favorit (teratas) dari turnamen, karena saya juga memikirkan cara ia bermain, ia juga sudah meraih gelar di Praha yang juga di lapangan tanah liat. Ia sedang berada dalam performa yang sedang menanjak.”

“Jadi saya merasa ia percaya diri. Pastinya ia akan berbahaya dan sulit untuk ditaklukan. Saya tahu cuacanya tidak terlalu bagus di Paris, jadi saya pikir kondisi seperti bermain agresif melawannya akan cukup sulit,”ungkapnya.

Halep, yang juga menang di Dubai sebelum skorsing tur lima bulan, menghabiskan waktu istirahat dengan bekerja keras untuk kebugarannya, tetapi mengatakan krisis kesehatan global telah memberinya pandangan baru tentang tenis.

“Saya lebih dewasa, saya pikir. Pandemi membawa saya ke tempat yang saya impikan, ”katanya kepada WTA Insider. “Saya lebih rileks karena saya dapat melihat bahwa hal-hal yang paling sulit adalah dalam hidup secara umum, bukan dalam olahraga.”

Tidak ada wanita yang berhasil mempertahankan gelar Prancis Terbuka sejak Justine Henin menang tiga kali berturut-turut antara 2005 dan 2007, sebuah tren yang terus berlanjut dengan Barty menarik diri karena ketakutan akan virus corona yang juga mendorongnya untuk melewatkan US Open.

Cedera hamstring membuat tiga kali juara Grand Slam Osaka absen, sementara Bianca Andreescu, juara US Open 2019, juga akan absen. Petenis Kanada itu belum pernah bermain sejak lututnya cedera pada Oktober lalu di WTA Finals.

Meskipun banyak petenis yang absen, turnamen kali ini, lebih banyak diikuti petenis terbaik dunia ketimbang US Open dengan 10 pemain top dunia melewatkan acara tersebut, dengan kembalinya Halep, Elina Svitolina, Kiki Bertens dan Belinda Bencic.

“Seperti yang selalu saya katakan, banyak petenis dari 10 besar, 15 besar memiliki kesempatan untuk memenangkan Grand Slam,” kata Halep.

Roland Garros sangat terbuka, karena ini lapangan tanah liat tetapi sedikit lebih cepat, jadi pemukul besar juga bisa menang dengan mudah.

Petenis Rumania itu memegang rekor 20-2 musim ini dan tidak terkalahkan sejak Januari – satu-satunya kekalahannya datang dari Aryna Sabalenka di Adelaide dan Muguruza di semifinal Australia Terbuka.

Namun ia menambahkan: “Saya tidak dapat berpikir untuk memenangkan gelar di Roland Garros, karena turnamen belum dimulai. Tapi saya akan memberikan yang terbaik. Aku akan memimpikannya, pasti. ”

Adapun Williams, yang berulang tahun ke-39 pada Sabtu, ia belum menambah rekor Grand Slam sejak memenangkan Australia Terbuka 2017 saat hamil.

Jendela peluang tertutup baginya untuk akhirnya menyamai jumlah total gelar Margaret Court, dengan perasaan yang tidak mungkin salah tentang peluang yang mengemis setelah tersingkir di semifinal di Flushing Meadows.

Williams menarik diri dari pertandingan Roma pekan lalu karena cedera Achilles, yang berarti dia akan tiba di ibu kota Prancis tanpa bermain di lapangan tanah liat tahun ini. TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR