JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Jika tak ada aral melintang, sang legenda hidup balap sepeda Indonesia Tarwi akan tiba di Jakarta, Sabtu, (26/9/2020) besok. Tarwi yang melakukan gowes jarak jauh dengan start dari Universitas Negeri Surabaya (UNS) pada 17 September 2020 lalu itu kini sudah memasuki etape keenam Sukabumi.

Dari Sukabumi, Tarwi yang selama gowes didampingi mantap pebalap nasional yang juga mantan anak didiknya, Puspita Mustika Adiya itu akan menutup perjalanan panjangnya itu di velodrome Rawamangun, Jakarta Timur.

Sejumlah mantan pembalap nasional seperti Endang Subagya, Wahyudi Hidayat, Eddy Purnomo dan para atlet nasional yang masih aktif akan menyambut kedatangan Tarwi. Para komunitas balap sepeda yang ada di Jakarta juga tak ketinggalan menyambut sang legenda berusia 79 tahun itu.

Sayangnya, perjuangan Tarwi ini kurang mendapat sambutan positif dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB.ISSI). Semestinya PB.ISSI ikut menyambut mengingat Tarwi adalah salah satu pembalap nasional yang pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia di forum internasional.

Nama Tarwi sangatlah tidak asing di kalangan pesepeda nasional. Pria asal Jawa Timur ini pernah mewakili tim Indonesia di ajang olahraga GANEFO pada tahun 1966 di Kamboja. Sejak itu, ia dikenal sebagai salah satu atlit sekaligus pelatih sepeda yang disegani di tanah air.

Tampaknya PB.ISSI sedang sibuk menghadapi kemelut di mana muncul mosi tidak percaya kepada Ketua Umum-nya Raja Sapta Oktohari (RSO) yang dilayangkan para Forum Komunikasi Pengprov ISSI se-Indonesiar.

”Mungkin Pak RSO lagi ruwet pikirannya menghadapi mosi tidak percaya dari Forum Komunikasi Pengprov ISSI. Jadi sudah tidak fokus lagi karena  desakan mundur sebagai Ketua Umum PB.ISSI makin gencar,”kata salah satu mantan pebalap nasional, Eddy Purnomo yang dalam penyambutan Tarwi di Jakarta dipercaya sebagai Koordinator itu.

=Penyambutan Khusus=

Sementara itu kolaborasi antara United-Ayodhya Bicycle Club (ABC) juga akan melakukan penyambutan khusus kepada Tarwi pada hari Minggu, (27/9/2020. Persiapan untuk menyambut kedatangan sang legenda itu sudah dilakukan sejak dua hari lalu.

Menurut pembina ABC, Kristianus Sucipto dalam bincang-bincang dengan TribunOlahraga.com di kediaman Budi Victoryanto yang juga pembina ABC, Jumat, (25/9/2020) tadi pagi, nama besar Tarwi adalah magnit untuk bisa dijadikan momentum dalam upaya membangkitkan kegairahan dalam olahraga bersepeda.

”Meski ABC ini belum seumur jagung didirikan tapi kami menilai kedatangan Tarwi di kota Tangerang ini harus disambut khusus. Apalagi kami mendapat dukungan dari United. Kami berterima kasih banyak kepada pihak United,”kata Kristianus yang diamini Josep Lomena yang didaulat sebagai pucuk pimpinan ABC itu.

Menurut rencana, Tarwi akan melakukan gowes sejauh 8 kilometer dengan start dari kediaman Budi Victoryanto, di kompleks perumahan Moderenland dan finis di depan Gedung United, Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Kedatangan Tarwi di Moderenland akan disambut dengan kalungan bunga oleh Mitalia Arinard, istri Budi Victoryanto. Setelah itu ada acara penyambutan sederhana dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Patriot Olahraga.

Sebelum gowes,  Tarwi akan foto sesi bersama para Komunitas Balap Sepeda dan sejumlah tamu VIP. Menurut rencana Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dan pegiat sepeda, Brigjen Karev Marpaung akan hadir dan ikut gowe bersama Tarwi.

Untuk menutup rangkaian tour pulau Jawa-nya tersebut, Tarwi akan menyempatkan diri untuk menyambangi kantor pusat United Bike di Alam Sutera, Tangerang bersama dengan Ayodhya Bicycle Club (ABC), yang menjadi tim penyambut kedatangan Tarwi di Jakarta. Kunjungan Tarwi ke United Bike merupakan impiannya sejak lama, yaitu ingin mengenal lebih dekat pabrikan sepeda yang telah menjadi tunggangannya selama ini.TOR-08

 

TINGGALKAN KOMENTAR