JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

PETENIS  kualifikasi Aslan Karatsev melanjutkan petualangannya yang menakjubkan dengan lolos ke semifinal Australia Terbuka hari ini, mengalahkan Grigor Dimitrov 2-6 6-4 6-1 6-2 untuk menjadi orang pertama petenis kualifikasi yang lolos ke semifinal. 

Petenis peringkat 114 dunia itu juga tercatat sebagai petenis kualifikasi kelima yang mencapai empat besar mayor putra di era terbuka dan pemain dengan peringkat terendah yang mencapai semifinal Grand Slam selama dua dekade.

Petenis Rusia, yang keberhasilannya masuk ke Australia Terbuka dalam upaya ke-10 kalinya untuk lolos ke Grand Slam, akan bertemu juara delapan kali Novak Djokovic atau Alexander Zverev untuk memperebutkan satu tempat di final.

“Perasaan yang luar biasa, undian utama pertama kali, semifinal pertama kali,” kata pemain berusia 27 tahun itu, yang kemenangannya hanya ditandai dengan tepuk tangan meriah dengan penggemar masih dilarang dari Melbourne Park karena lima hari penguncian virus corona.

Karatsev mengaku berjuang dengan keraguan di awal pertandingan di Rod Laver Arena dan set pertamanya yang rawan dengan kerap melakukan kesalahan.

Ia telah berjuang kembali dari ketinggalan dua set untuk mengalahkan Felix Auger-Aliassime di ronde keempat, bagaimanapun, dan segera memperketat permainannya untuk kembali ke pertandingan di stanza kedua.

Dimitrov tampak kaget saat Karatsev melontarkan tembakan howitzer ke arahnya – goyah saat melakukan servis dan berkeliaran di sekitar lapangan dengan lesu dalam suhu 30 derajat Celcius.

Petenis Bulgaria berusia 29 tahun itu mengambil waktu istirahat medis untuk perawatan punggungnya setelah kalah pada set ketiga tetapi hanya mampu menunjukkan kilasan dari permainan halusnya pada set keempat dan pada satu titik meminta maaf ke kotaknya.

Karatsev tidak menunjukkan belas kasihan kepada lawannya yang terhambat dan mematahkan servis unggulan ke-18 itu dua kali untuk memimpin dengan nyaman, memastikan tempatnya di empat besar ketika Dimitrov melepaskan pukulan backhand ke gawang.

Dengan rekan setimnya di Piala ATP Daniil Medvedev dan Andrey Rublev berhadapan di perempat final besok, Rusia dijamin akan memiliki dua pemain di semifinal dan belum bisa menyediakan kedua finalis.

“Saya berusaha tidak memikirkannya, saya hanya melihat pertandingan selanjutnya,” kata Karatsev saat ditanya prospeknya.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR