Kali ini kita bicara tentang teknik dasar declarer play untuk memainkan suatu kontrak yang telah dicapai. Dalam permainan bridge dikenal dua macam kontrak, trump dan no trump (NT).

Banyak perbedaan antara main trump dan NT. Pada NT biasanya sangat tergantung pada siapa yang lebih dahulu bisa membebaskan suit-nya yang panjang, apakah declarer atau defender.

Berbeda dalam permainan trump, declarer lebih banyak mempunyai kontrol. Karena ia bisa ruff pada waktu sudah tidak punya suit yang dimainkan. Syaratnya, declarer harus punya cukup trump, minimal 8 lembar dan terbaik jika terbagi 4-4 atau 5-3.

Biasanya declarer berhitung dengan jumlah trik yang akan didapat dalam kontrak NT. Sebaliknya dalam kontrak trump, declarer tidak menghitung trik, tetapi looser (trik dalam suit yang pasti kalah) pada tiap-tiap suit. Kemudian tugas declarer ialah bagaimana bisa mengatasi sejumlah looser itu.

Contoh, kombinasi pegangan S KQJ6 dan 872, dalam kontrak trump suit ini ada satu looser SK yang kalah dengan SA. Tetapi sesudah itu SQ dan SJ menjadi kartu tinggi sedangkan S6 bila perlu bisa di ruff. Contoh berikut kombinasi S AK6 dan 872, di sini ada 1 looser pasti.

Sedangkan contoh terakhir kombinasi SKJ6 dan 872. Di sini terdapat tiga looser. Dalam kedudukan yang tidak menguntungkan SA dan SQ berada di bawah SKJ maka Anda tidak mendapat trik dari spade (S) sama sekali.

Mari kita lihat dalam permainan.

S 10 7 4
H A K 3 2
D Q 8
C J 9 3 2
S K Q J 3 S 9 8 2
H 9 5 H J 10 8 6 4
D A 7 4 3 D 9 6 5 2
C 7 6 4 C 8

S A 6 5
H Q 7
D K J 10
C A K Q 10 5

Barat Utara Timur Selatan
1C
Pass 1H Pass 2NT
Pass 3C Pass 5C
//

Pemain Selatan menjadi declarer kontrak 5C dan menerima lead SK. Pertama-tama mari kita hitung looser yang ada. Ternyata ada 3 looser, yaitu: dua looser di Spade dan satu looser di Diamond. Bagaimana cara mengatasi agar kontrak 5C agar bikin yang berarti declarer hanya boleh kalah 2 trik, sementara looser yang ada 3. Apakah hal ini mungkin? Ya, karena dari salah satu honor di Heart Anda bisa buang satu looser Spade.

Cara bermain yang benar: Tarik trump tiga kali, lalu main HQ (ingat aturan main untuk kombinasi seperti di atas, mainkan honor dari yang pendek baru mainkan honor di warna panjang), yang diteruskan dengan H7 ke arah HA, dan pada waktu memainkan HK Anda buang satu looser Spade. Selanjutnya tinggal main Diamond, untuk memaksa .A lawan keluar. Jadi Anda hanya kalah 1 trik Diamond dan 1 trik Spade. Seandainya Anda konsisten menerapkan cara bermain seperti di atas, maka dalam tempo yang tidak terlalu lama Anda akan mahir sebagai declarer.(Penulis adalah pemain dan pemerhati bridge).

TINGGALKAN KOMENTAR