JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

NORDINE Oubaali, juara kelas bantam WBC dan penantang lamanya yang juga juara di empat kelas, Nonito Donaira, sepakat untuk menunda panjang rencana pertarungan.

Sumber-sumber yang dekat dengan kedua belah pihak menginformasikan kepada BoxingScene.com, Jumat (2/4), bahwa duél Oubaali-Donaire akan dilaksanakan pada 29 Mei.

Tempat pertarungan belum dipastikan di mana. Bisa di Uncasville, Connecticut, bisa juga di California.

Oubaali (17-0-0, 12 KO), 34 tahun asal Prancis, awalnya dijadwalkan naik ring 19 Desember 2020 di Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, namun rencana itu batal karena Oubaali positif Covid-19.

Hal itu membuat WBC menempatkan Oubaali sebagi ‘champion in recess’ pada November 2020 sekaligus memberikan restu Donaire bertarung dengan Emmanuel Rodriguez untuk perebutan gelar lowong. Tapi, rencana itu juga batal lantaran kali ini Donaire sendiri yang terpapar virus corona.

Setelah itu, WBC memutuskan untuk mempertemukan Rodriguez dengan Reymart Gaballo untuk duél perebutan gelar kelas bantam WBC interim, 19 Desember 2020. Pada duél itu, Gaballo menang angka split.

Lalu, karena Oubaali dan Donaire batal bertarung akibat virus corona, WBC mengembalikan gelar kepada Oubaali sekaligus memberi kesempatan bertarung choice sebelum jumpa Donaire.

Dari situ muncul nama Nawaphon Kaikanha (50-1-0, 40 KO) asal Thailand untuk jadi lawan Oubaali, 13 Maret, di Paris. Tapi, isu corona membuat jaringan tv di Prancis menolak menyiarkan pertarungan. Selain itu, Kaikanha juga diperkirakan sulit terbang dari Thailand ke Paris karena wabah corona.

Rangkaian panjang itulah yang membuat WBC akhirnya menjadwalkan duél Oubaali dan Donaire di musim semi.

Oubaali sudah dua kali mempertahankan gelar sejak merebut gelar lowong kelas bantam WBC yang lowong setelah menang angka atas Rau’shee Warren, Januari 2019. Ia menang RTD ronde 6 atas Arthur Villanueva di Kazakhstan, Juli 2019, dan menang angka atas Takuma Inoue di Saitama, Jepang, November 2019.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR