JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

PEBALAP Prancis Esteban Ocon menyingkirkan Lewis Hamilton Dan Sebastian Vettel untuk meraih kemenangan perdananya di Formula Satu bagi Tim Alpine di Grand Prix Hungaria yang kacau, yang membuat Lewis Hamilton melaju dari posisi terakhir ke posisi ketiga untuk merebut kembali keunggulan kejuaraan dari posisi kesepuluh Max Verstappen.

Ocon yang berusia 24 tahun melewati garis 1,8 detik di depan saingannya di Aston Martin, sementara Hamilton hampir mengejar kedua pebalap itu tetapi kalah 2,7 detik.

Namun, pebalap Inggris itu menempatkan dirinya unggul enam poin dari Verstappen, yang hanya mencetak satu-satunya poin setelah terjebak dalam insiden lap pembuka.

Pebalap Belanda itu, yang mengawali balapan dengan baik di trek basah dari posisi kedua di grid, berada tepat di belakang Hamilton menuju tikungan pertama ketika ia dikumpulkan oleh Lando Norris dari McLaren. Pembalap Inggris itu sendiri ditandai oleh start lambat Mercedes dari Valtteri Bottas yang membuatnya meluncur ke Red Bull.

Penghentian bendera merah berikutnya memberi mekanik Verstappen kesempatan untuk melakukan beberapa perbaikan tetapi Red Bull terlalu sembelih oleh kerusakan untuk membawanya kembali ke pertarungan.

Insiden lap pembuka tampaknya telah menyerahkan balapan kepada Hamilton, yang menjaga hidungnya tetap bersih untuk tetap memimpin.

Tapi kesalahan langkah strategis yang membuatnya keluar untuk memulai kembali pada ban menengah di lap kering, bahkan ketika setiap mobil lain terkelupas ke pit, menjatuhkannya ke belakang ketika dia mengadu ban kering satu lap kemudian.

Kemenangan itu adalah yang pertama dalam karir Ocon dan yang pertama untuk tim yang berbasis di Enstone dengan kedok Alpine-nya. Itu juga yang pertama untuk pembalap Prancis di mobil Prancis sejak Alain Prost naik podium teratas untuk Renault pada 1983.

Itu dibuat lebih manis dengan finis keempat untuk Fernando Alonso, yang mencetak kemenangan perdananya untuk tim yang sama di Hungaria pada tahun 2003 ketika membalap bersama Renault.

Pebalap Spanyol, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-40 pada hari Kamis dan yang pertahanannya melawan Hamilton berperan dalam mengamankan kemenangan bagi Ocon, terpilih sebagai Driver of the Day. TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR