Sandor Marin (kanan) vs Mikey Garcia.

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
SEMULA, terbetik keinginan mempertemukan Mikey Garcia dan Regis Prograis. Ini akan jadi duél besar karena keduanya punya nama besar dan pernah jadi juara dunia.

Prograis terakhir juara kelas welter ringan WBA setelah menang atas Kyril Relikh dalam semifinal World Boxing Super Series. Ia kemudian kehilangan gelar setelah di final kalah dari Josh Taylor. Prograis terakhir naik ring April 2021 dengan kemenangan TKO ronde 6 atas Ivan Redkach.

Garcia terakhir juara kelas ringan IBF dan WBC sebelum kalah dari Errol Spence Jr, Maret 2019.

Garcia bertarung melawan Sandor Martin (39-2-0, 13 KO) di Fresno, California, 16 Oktober 2021. Duél dengan petinju Spanyol ini dianggap sebagai pemanasan Garcia sebelum bertarung dengan nama-nama besar. Tapi, alih-alih menang meyakinkan, Garcia (40-2-0, 30 KO) malah kalah angka mayoritas.

Martin tampil brilian dan mengontrol jalannya pertandingan di hampir semua ronde, sementara Garcia bertarung slugger dan tak mampu membuktikan ocehannya sebelum pertarungan.

Skor pertarungan 97-93, 97-93, 95-95, di mana Martin lebih layak menang angka mutlak.

“Mikey ogah bertarung dengan saya. Itu takkan terjadi lagi,” kata Prograis di akun Twitter pascapertarungan Garcia-Martin.

Promotor Matchroom, Eddie Hearn, pun mengaku kaget dengan penampilan buruk Garcia, petinju jagoannya.

“Saya tak bisa percaya. Dan saya tahu Sandor Martin bisa bertarung,” kata Hearn kepada iFL TV.

“Mikey bertarung tanpa darah, tidak tajam. Saya pikir Sandor Martin bertarung brilian.”

“Ini kemenangan besar bagi pertinjuan Spanyol. Ini akbar. Ini kemenangan terbesar Spanyol. Ini total mengejutkan. Malam ini penonton luar biasa. Mereka mendukung Mikey, tapi Mikey kalah.”

“Sandor Martin kini bisa duduk manis seraya mengatakan, ‘Berikan saya pertarungan besar.’ Buat Matchroom Spanyol, ini kemenangan besar. Tak bisa dipercaya, masif.”

Garcia tak bertarung sejak menang angka atas Jessie Vargas, Februari 2020. Lebih dari setahun tak bertarung dipandang Hearn jadi penyebabnya.

Tapi, apapun alasannya, Garcia seharusnya bersikap profesional begitu ia mengatakan ingin naik ring –siapa pun calon lawannya.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR