JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

NGUYEN Thi Thu Nhi mencetak sejarah bagi pertinjuan wanita Vietnam. setelah ia merebut gelar minimum WBA female, Sabtu (23/10) malam.

Nhi mengalahkan petinju Jepang, Etsuko Tada, dalam pertarungan menarik dan menghibur penonton di Wadong Gymnasium, Ansan, Korea Selatan. Nhi yang kalah pengalaman bertarung gagah berani selama 10 ronde dan menang.

Nhi, 25 tahun, naik ring dengan pengalaman 4 pertarungan pro tapi dengan modal juara WBO Asia Pasifik yang direbutnya pada Februari 2020 dengan mengalahkan petinju Thailand Kanyarat Yoohanngoh.

Tada adalah petinju peringkat 1 kelas layang mini atau minimum [47,6kg] dan pemegang gelar WBO. Sebelum jumpa Nhi, Tada, 40 tahun, sudah 26 kali naik ring, 20 kali menang, 3 kali kalah, dan 3 kali draw.

Memulai pertarungan dengan lamban, Nhi mengejutkan Tada di ronde 3 ketika ia meng-counter dengan sebuah pukulan lurus. Meski kalah tinggi dan jangkauan, Nhi unggul skill dan hook keras.

Tada sempat membuat mata Nhi berdarah di ronde 9 melalui sebuah hook. Tada memanfaatkan hal itu dengan coba terus menyerang. Namun, Nhi pun tetap meladeni serbuan Tada meski pandangannya terganggu.

Ia akhirnya dimenangkan hakim dengan 96-94.

Dengan hasil itu, Nhi mencetak sejarah sebagai petinju pertama Vietnam yang jadi juara sekaligus wanita Vietnam pertama yang jadi juara dunia.TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR