Laporan Bert Toar Polii (Jakarta)

Neizen banyak mempertanyakan kenapa para pemain Thomas Cup Indonesia setelah juara bukan langsung pulang ke Indonesia untuk diarak dan disambut para penggemarnya di Indonesia.

Pertanyaan ini muncul karena masih banyak yang kurang memahami aturan dari World Badminton Federation (BWF) atau Badan Bulutangkis Dunia seperti dibawah ini :

Para pemain yang telah mencapai peringkat tinggi dalam daftar peringkat dunia, memiliki ketentuan tersendiri sesuai dengan peraturan dari World Badminton Federation (BWF).

Para pemain tunggal putra, putri yang menempati peringkat 15 besar dunia dan para pemain ganda putra, putri serta campuran yang berada di peringkat 10 besar dunia pada minggu ketiga bulan November pada tahun sebelumnya harus bertanding pada turnamen sebagai berikut :
– Turnamen Level 1 : BWF World Tour Final (jika memenuhi persyaratan)
– 3 turnamen level 2
– 5 turnamen level 3
– 4 dari 7 turnamen level 4

Para pemain tunggal putra, putri yang menempati peringkat 15 besar dunia dan para pemain ganda putra, putri serta campuran yang berada di peringkat 10 besar dunia pada minggu pertama bulan Juli diminta juga untuk bertanding pada semua turnamen level 1 (jika memenuhi syarat) sampai level 3 pada tahun kalender yang tersisa.

Bagi para pemain top dunia yang gagal bertanding pada turnamen BWF World Tour level 1 – 3 dianggap melanggar peraturan dan akan dikenakan denda serta komite disiplin mungkin akan mempertimbangkan pemberian hukuman lebih lanjut.

Kecuali pemain tersebut tidak mengikuti turnamen dikarenakan cedera halmana dapat dibuktikan dengan surat keterangan resmi dari dokter.

Pemain juga tidak akan mendapat denda dan hukuman jika harus mengikuti kegiatan kenegaraan seperti wajib militer. Dikutip dari laman Djarum Badminton Club.

Nah pemain yang memperkuat regu Thomas Cup baik ganda putra maupun single putra berada di peringkat 10 besar dunia kecuali beberapa pemain muda.

Ini daftar peringkat tim Thomas Cup Indonesia :
Marcus Fernaldi Gideon /Kevin Sanjaya Sukamuljo (1) Mohammad Ahsan /Hendra Setiawan (2) dan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto (7) serta pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (42).

Di sector tunggal ada Anthony Sinisuka Ginting (5) Jonatan Christie (7) Shesar Hiren Rhustavito (19) dan Chico Aura Dwi Wardoyo (79).TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR