luis manuel blancoJakarta, Tribunolahraga.com – Pelatih timnas Luis Manuel Blanco mengembleng pemain Timnas Garuda dengan permainan cepat sebelum menjalani pertandingan Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C melawan Saudi Arabia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 23 Maret 2013.

Meski baru 13 di antara 57 pemain yang menjalani latihan, pelatih berasal dari Argentina itu membagi pemain yang ada menjadi dua tim. Kedua tim itu langsung melakukan simulasi pertandingan dengan mengaplikasikan program yang disiapkan.

“Untuk menghadapi Saudi Arabia kita harus bermain cepat. Makanya kita harus membiasakan diri dengan dua sentuhan,” kata Luis Manuel Blanco di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, menghadapi Saudi Arabia bukan perkara mudah. Meski waktu persiapkan tidak panjang karena banyak pemain yang belum datang, pihaknya akan tetap mempersiapkan tim dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

Melihat kemampuan lawan yang ada dihadapi, pihaknya akan menginstruksikan kepada pemain untuk bermain menyerang. Hanya saja, semuanya tergantung kondisi di lapangan.

“Dengan `pressing` yang ketat lawan akan kesulitan untuk menyerang,” kata pelatih yang mengaku pernah menangani Timnas U-20 China itu.

Pelatih timnas versi Badan Tim Nasional (BTN) itu mengaku meski belum semua pemain berkumpul, pihaknya telah mempunyai gambaran nama-nama pemain yang masuk dalam 23 nama yang akan didaftarkan untuk menghadapi Saudi Arabia.

Pemain tersebut, kata dia, ada yang sudah mengikuti pelatnas dan ada juga yang saat ini masih memperkuat klubnya untuk menjalani kompetisi musim ini. Kompetisi yang dimaksud salah satunya Indonesia Super League (ISL).

“Besok mereka sudah pada datang. Yang jelas semua pemain akan kami pantau meski saya telah mempunyai gambaran pemain inti,” kata pengganti Nil Maizar itu.

Rencananya pemain yang akan mulai bergabung di antaranya berasal dari klub Persipura Jayapura, Mitra Kukar, maupun Persisama Samarinda. Semua pemain itu berasal dari kompetisi ISL yang dikelola PT Liga Indonesia.

“Tanggal 15 Maret nanti sekurang-kurangnya kami sudah bisa mendapatkan 18 pemain yang dibutuhkan,” kata Luis Manuel Blanco.

TINGGALKAN KOMENTAR