4 Pecatur Putri Eropa Tampil di Japfa Chess Festival
Oleh Mike Wangge
TRIBUNOLAHRAGA.COM – Japfa Chess Festival yang akan digelar selama enam hari mulai tanggal 14 hingga 19 April di Gedung Serbaguna, GBK Senayan, akan menampilkan empat pecatur putri dari Eropa, dan dua pecatur putri terbaik Indonesi.
Keempat pecatur putri dari Eropa itu masing-masing dua pecatur dari Prancis yaitu IM Sophie Milliet (2399) dan WIM Natacha Benmesbah (2261), serta WGM Alina l’Ami /2330) dari (Rumania , dan WGM Yulia Kochetkova (2314) dari Slovakia
.Dari Indonesia, dua pecatur putri terbaik ditampilkan dalam turnamen bergengsi ini. Keduanya adalah WIM Medina Warda Aulia dan WIM Chelsie Monica Sihite. Empat pecatur putri Eropa bersama Media, dan Chelsie akan bertarung dalam kategori women international yang mana akan bermain sebanyak 10 babak. Bagi pecatur Indonesia, Media, dan Chelsie, apabila keduanya bisa mendapatkan poin 6,5 dari 10 babak itu dipastikan keduanya akan mendapatkan gelar WGM.
Dengan demikian, Japfa Chess Festival 2013 ini akan menjadi ajang terbaik bagi Medina dan Chelsie untuk meriah gelar WGM. Saat ini, Medina telah mengoleksi dua kali Norma WGM, sedangkan Chelsie baru satu.
“Ini sudah menjadi kewajiban bagi Japfa untuk terus mendukung dan menggelar turnamen catur internasional Japfa Chess Festival, agar ini dapat menjadi ajang bagi pecatur Indonesia untuk meningkatkan prestasinya. Setelah Irene Kharisma menjadi WGM, kini Medina dan Chelsie siap masuk jajaran elit pecatur putri dunia. Untuk itulah kami akan terus berupaya untuk mendatangkan grandmaster dari mancanegara untuk membantu para pecatur Indonesia meraih norma WGM,” ujar Syamsir Siregar, Presiden Komisaris Japfa di Jakarta, Jumat (12/4/2013).
Selain Women Grand Master Tournament, Japfa Chess Festival 2013 juga menggelar 10 kategori pertandingan antara lain senior putra, senior putri, veteran, junior putra 14-18 tahun – sampai junior putri 10 tahun kebawah, serta kelas veteran.
“Selain untuk menyemarakkan dan mewujudkan misi meraih WGM bagi pecatur Indonesia, Japfa Chess Festival 2013 ini juga untuk terus menyemarakkan pertandingan catur di Indonesia demi untuk meningkatkan prestasi dan rating pecatur Indonesia. Kami berharap melalui turnamen ini, pecatur Indonesia makin diperhitungkan di kancah internasional,” tandas Syamsir.

TINGGALKAN KOMENTAR