PADANG-(TribunOlahraga.com)

Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat akan menggelar lomba perahu naga (Dragon Boat) Internasional tahun 2013 dalam rangka memperingati hari jadi kota itu ke-334 dan HUT RI ke-68.

“Sebagai agenda rutin tahunan, kita kembali menggelar kejuaraan Perahu Naga Internasional,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Syafril Basir, di Padang, Jumat.

Menurut dia, lomba perahu naga tersebut akan dilaksanakan pada 6 hingga 9 Juni 2013di Banjir Kanal GOR Haji Agus Salim Padang.

Perlombaan ini tidak hanya dilaksanakan pada siang hari tetapi digelar pada malam di Banjir Kanal GOR Haji Agus Salim Padang,” ujar dia.

Berbekal pengalaman sebelas kali melaksanakan kejuaraan yang sama sejak tahun 2002, dirasakan segala persiapan sudah matang dari pihak panitia.

“Kekurangan tahun lalu hendaknya menjadi perhatian serius, setiap tugas yang telah dibagi agar dapat menjalankan dengan penuh tanggung jawab,”jelas Syafril Basir.

Dia mengatakan, lomba perahu naga tersebut digelar untuk mempertahankan budaya luhur nenek moyang sebagai bangsa bahari.

“Kegiatan ini sekaligus memperkenalkan budaya masyarakat minang kepada wisatawan mancangera serta mempromosikan potensi pariwisata Sumbar dan Kota Padang,” kata dia.

Dia menambahkan, kejuaran ini memperebutkan piala bergilir dari Panglima TNI, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementeria Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kepala Staf Angkatan Luat (Kasal), Pangarmabar, Gubernur Sumbar, serta Walikota Padang.

“Pihak panitia selain menyediakan piala bergilir, tetapi juga menyediakan hadiah uang dengan total Rp150 juta,” ungkap dia.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba Perahu Naga, Dian Wijaya menyatakan, pihak panitia telah mempersiapkan segala sarana dan prasarana untuk menyukseskan lomba perahu naga tersebut.

“Kita mempersiapkan secara matang untuk menyukseskan perlombaan itu, kekurangan tahun lalu menjadi perhatian panitia lomba,”kata dia.

Menurut dia, perlombaan perahu naga Internasional yang digelar setiap tahun akan diikuti peserta dari dalam dan luar negeri, antarkesatuan.

“Ada 13 negara asing yang direncanakan akan mengikuti diantaranya Polisi Diraja Malaysia, Army Malaysia, Pink Philipina, China Taipeh, Inggris, Belanda, Singapura,” ujar dia.

Untuk antarkesatuan ada 17 team, luar provinsi sumbar 13 tim, dan dalam Provinsi Sumbar sendiri ada 9 tim yang akan mengikuti perlombaan perahu naga Internasional.

“Sementara itu untuk nomor dan jenis perlombaan yakni 800 meter 22 pendayung putra dan putri,800 meter 12 pendayung putra dan putri, 800 meter 22 pendayung campuran, 800 meter 12 pendayung campuran, 800 meter 12 pendayung putra antarkesatuan dan 800 meter 22 pendayung putri,”jelas Dian Wijaya. TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR