JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Turnamen Sepak Bola antar Forum wartawan yang bertajuk “Invitasi Sepak Bola Antar Forum Wartawan 2013″ segera bergulir pada 9-12 Mei 2013, mendatang.

Seperti diketahui sebelumnya, turnamen ini merupakan turnamen tahun kedua yang diselenggarakan Koordinatoriat PSSI Pers bekerja sama dengan PSSI dan SIWO PWI Jaya (seksi wartawan olah raga persatuan wartawan Indonesia cabang Jakarta) dalam rangka memperingati hari ulang tahun PSSI yang ke-83.

infitasi-okMenurut ketua penyelenggara, Nandang Permana Sidik, turnamen ini nantinya akan diikuti 12 peserta dari berbagai aliansi wartawan di Jakarta. Namun, angka itu belum bisa dipastikan, karena kemungkinan akan lebih banyak lagi peserta yang akan mendaftarkan untuk mengikuti turnamen ini.

“Saat ini, kami sedang mempersiapakan segalanya. Mulai dari teknis maupun non teknis. Pada tahun ini kami mengundang 12 tim (Bertambah 2 tim dari tahun sebelumnya), belum lagi peserta yang nantinya mendaftarkan diri untuk ikut,” ujar Pepe sapaan akrab Nandang Pemana Sidik, di Jakarta, Jum’at (26/04/13).

Selain itu, pria yang merupakan wartawan Jaringnews.com ini mengatakan, tujuan dari turnamen ini adalah, menyebarkan pesan kepada seluruh pihak bahwa sepak bola saat ini merupakan alat pemersatu bangsa. Hal itu sebagaimana, identik dengan konflik dan keributan yang telah usai di pengurus PSSI.

“Kami ingin menunjukkan arti olah raga kembali, khususnya sepak bola, adalah membawa misi perdamaian, persahabatan, persatuan, serta sportivitas,” tegas pria yang selalu mengenakan Blangkon disaat liputan.

System kejuaraan ini, masih sama dengan sisytem tahun lalu, yakni menggunakan setengah lapangan sepak bola ukuran normal dan berlangsung dengan format 7 on 7 (tujuh lawan tujuh) dengan mengadopsi aturan permainan futsal, yakni dua babak dengan durasi 2 x 20 menit.

Turnamen ini juga menggunakan sistem round robin dengan membagi 12 tim tersebut ke dalam 4 grup. Dimana masing-masing juara dan runner-up grup akan kembali bertanding untuk memperebutkan tiket untuk berlaga di babak semifinal, yang mana nantinya pemenangnya akan saling berhadapan di final.

Mereka akan memperebutkan total hadiah uang senilai Rp14 juta plus tropi. Jumlah tersebut dengan rincian, juara pertama Rp5 juta, juara kedua Rp4 juta, juara ketiga dan keempat Rp2 juta. Penghargaan lainnya akan diberikan untuk fair play team sebesar Rp1 juta dan pencetak gol terbanyak Rp500 ribu.TOR-02

 

TINGGALKAN KOMENTAR