JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Juara bertahan NOC Pers dan runner-up Kemenpora diunggulkan di tempat teratas Invitasi Sepak Bola Antar Forum Wartawan II/2013 yang berlangsung 9-12 Mei di Lapangan latihan Timnas Senayan Jakarta.

NOC Pers yang diasuh pelatih bertangan dingin Suharto Olii dengan manajer tim Eko ‘’Ejan’’ Yulianto itu dalam undian yang dilakukan Selasa, (7/5) berada di Grup A bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) dan Musik/Film.

Sementara tim Kemenpora berada di Grup C bersama Hiburan dan Catalist. Dua semifinalis tahun lalu, PSSI Pers I dan PSSI Pers II juga menempati posisi unggulan.

PSSI Pers I menempati unggulan atas untuk Grup B. Mereka didampingi dua tim pendatang baru, ESDM dan DPR. Sementara PSSI Pers II yang menempati unggulan Grup D didampingi tim yakni pendatang baru Polda Metro Jaya dan Pena Timur.

Invitasi Sepak Bola Antar Forum Wartawan II/2013 ini diikuti 12 tim yakni NOC Pers (wartawan peliput KONI Pusat), Forum Wartawan Automotif, wartawan Musik & Film, PSSI I, ESDM, DPR, Kemenpora (Wartawan peliput Menpora), Hiburan, Catalist, PSSI II, Polda, dan Pena Timur.

“Dari hasil manager meeting dengan peserta, sudah dipastikan kompetisi ini akan diikuti sebanyak 12 tim dari berbagai forum wartawan di Jakarta,” ujar Ketua penyelenggarara, Nandang Permana Sidik, Selasa (7/5).

“Sebenarnya ada banyak forum wartawan di Jakarta. Namun, karena melihat waktu persiapan yang sangat mepet, jadi kami putuskan tidak semua bisa mengikuti kejuaraan ini,” ujar pria yang selalu menggunakan blankon itu..

Menurut Nandang yang di kalangan wartawan disapa Pepe itu, ini merupakan turnamen tahun kedua yang diselenggarakan Koordinatoriat PSSI Pers, bekerja sama dengan PSSI dan SIWO PWI Jaya (Seksi wartawan olah raga persatuan wartawan Indonesia cabang Jakarta) dalam rangka memperingati hari ulang tahun PSSI yang ke-83.

Selain itu, Turnamen ini sengaja digelar dengan tujuan mempererat tali silatuhrahmi para wartawan di Indonesia khususnya di Jakarta.

“Tujuan utamanya mempererat tali silaturahmi para wartawan di Indonesia khususnya yang ada di Jakarta. Dengan begitu diharapkan nantinya kita bisa kerja sama dan sharing mengenai bagaimana mendapatkan berita-berita. Atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan kita ini,” ia menjelaskan.

Pepe, lebih jauh memaparkan pihaknya sengaja memilih olahraga sepak bola, karena melihat kecintaan masyarakat terhadap sepak bola sangat tinggi. Ditambah, PSSI yang merupakan induk Sepak bola Indonesia itu merupakan sarana dimana pihak penyelenggara untuk mendapatkan berita sehari-harinya.

Pepe menuturkan, nantinya, ke-12 tim akan berlaga untuk memperebutkan total hadiah uang senilai Rp.14 juta plus tropi. “Jumlah tersebut dengan rincian, juara pertama Rp.5 juta, juara kedua Rp4 juta, juara ketiga dan keempat Rp.2 juta. Penghargaan lainnya akan diberikan untuk fair play team sebesar Rp.1 juta dan pencetak gol terbanyak Rp.500 ribu,” ia menuturkan.

Selain itu Pepe menjelaskan, system kejuaraan ini, masih sama dengan sisytem tahun lalu, yakni menggunakan setengah lapangan sepak bola ukuran normal dan berlangsung dengan format 7 on 7 (tujuh lawan tujuh) dengan mengadopsi aturan permainan futsal, yakni dua babak dengan durasi 2 x 20 menit.

“Turnamen ini membagi 12 tim ke dalam 4 grup. Dimana masing-masing juara grup akan langsung berlaga di babak semifinal, yang mana nantinya pemenangnya akan saling berhadapan di final,” tandasnya.

Berikut hasil Drawing Invitasi Sepak Bola Antar Forum Wartwan.

Grup A: Koni, Forum Wartawan Automotif, Musik-Film
Grup B: PSSI I, ESDM, DPR
Grup C: Kemenpora, Hiburan, Catalist
Grup D: PSSI II, Polda, Pena Timur TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR