JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Luar biasa, itulah kalimat yang pas dialamatkan kepada tim sepakbola NOC Pers. Tim forum wartawan KONI ini  kembali menjadi juara turnamen Invitasi Sepak Bola Antar Forum Wartawan 2013 setelah di. final, menang dramatis melalui drama adu pinalti atas tim Forum Wartawan Polda 3-2 di Lapangan Timnas PSSI Senayan, Minggu, (12/5)

nocNOC Pers  berhasil masuk ke babak final setelah menekuk PSSI Pers I dengan skor telak 4-0. Sedangkan Polda lolos ke final dengan  mengalahkan tim Kemenpora dengan skor 2-0.

Pertandingan final antara NOC Pers  dan Polda sungguh cukup menarik. Pasalnya, kedua tim saling menyerang demi menjadi juara turnamen yang digagas Koordinatoriat PSSI Pers bekerja sama dengan PSSI dan SIWO PWI Jaya (Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia cabang Jakarta), dalam rangka memperingati hari ulang tahun PSSI yang ke-83 ini.

Bertanding dengan penuh semangat, NOC Pers unggul terlebih dahulu lewat sepakan keras penyerang haus gol Iskandar di menit ke-4.

Serangan demi serangan pun terus dilancarkan kedua tim. Sebelum pertandingan berakhir di babak pertama, Faruck dari tim Polda berhasil menyamakan kedudukan lewat titik putih setelah terjadi hand ball pemain belakang NOC Pers, Nyoman di area terlarang.

Pada babak kedua, permainan memanas. Di menit ke-29 tendangan keras Iskandar hampir kembali membuat tim asuhan Suharto Olii itu memimpin. Namun sayang, si kulit bundar masih melenceng tipis ke pinggir kanan gawang. Skor 1-1 pun bertahan hingga pluit panjang babak kedua dibunyikan.

Setelah perpanjangan waktu 2×5 menit tidak mengubah kedudukan, pertandingan akhirnya diakhiri lewat drama adu penalti. Dalam drama adu penalti, wasit menginstruksikan masing-masing tim untuk memilih tiga pemain yang menjadi algojo. Namun, tiga penendang itu harus ditambah satu penendang karena masing-masing tim berkedudukan 1-1 saat tiga penendang pertama menjalankan tugasnya.

Algojo terakhir yang ditunjuk NOC Pers, Lody, melakukan eksekusi dengan sempurna, sementara penendang terakhir Polda, Ricky, tendanganya berhasil dipatahkan oleh penjaga gawang NOC Pers, Rahmat. Skor kemenangan 2-1 di babak penalti pun dimenangkan oleh NOC Pers. Alhasil NOC Pers  berhasil menjadi juara dengan skor akhir 3-2.

Menurut Manajer tim NOC Pers, Azis Manaf, perjuangan timnya untuk menjadi juara di turnamen tersebut tidak mudah. Ia mengatakan, di turnamen yang didukung oleh PSSI, PT Liga Indonesia dan lainnya ini terdapat tim-tim yang kuat.

“Kemenangan kali ini tidak mudah karena lawan di final tim Polda yang merupakan salah satu kandidat juara. Tapi, kami bersyukur meski menang adu penalti, kami bisa mempertahankan gelar. Terima kasih atas kerja keras seluruh pemain,” ujar pria yang menjabat sebagai Humas KONI Pusat ini.

Atas hasil ini, NOC Pers berhak meraih trofi juara dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta dan Polda yang menjadi runner-up mendapatkan trofi plus uang Rp 4 juta. Sementara juara ketiga, ditempati oleh PSSI I dan Kemenpora dan berhak meraih trofi plus uang sebesar Rp 2 juta. Sedangkan tim Fair Play direbut  tim Hiburan dan pencetak gol terbanyak dipegang oleh Iskandar dari NOC Pers dengan total 12 gol.

“Selamat kepada yang menjadi juara dan semoga yang belum juara bisa berlatih lebih giat lagi. Semoga juga tahun depan hadiahnya lebih banyak dan acaranya lebih sukses dengan penambahan kategori juara seperti pemain terbaik dan sportif,” tutur Menpora Roy Suryo dalam sambutan penyerahan trofi kepada juara.

“Kali ini saya juga akan menutup turnamen ini, yang sebelumnya dibuka oleh Pak Roberto (Roberto Rouw anggota exco PSSI). Untuk itu, tidak mengurangi rasa hormat saya kepada para pengurus PSSI, dengan resmi Invitasi Sepak Bola Antar Forum Wartawan 2013 ditutup,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, ketua panitia, Nandang Permana Sidik, menjelaskan kenapa pihaknya menunjuk tim Hiburan sebagai tim Fair Play.

“Seperti kita lihat tim Hiburan sangat solid dan sportif dalam mengikuti turnamen ini. Tim Hiburan tak pernah mendapatkan kartu kuning apalagi kartu merah, bahkan dia selalu on time saat mengikuti babak kualifikasi, dan kami juga menilai tim hiburan memiliki suporter yang cukup baik,” ungkap Pepe–sapaan akrabnya.

Tak lupa, Pepe yang juga wartawan Jaringnews.com ini juga mengucapkan selamat kepada seluruh juara turnamen ini. “Selamat kepada para pemenang, tim NOC Pers. Semoga penyelenggaraan tahun depan, kami lebih baik lagi,” ujarnya. TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR