MANADO-(TribunOlahraga.com)

Sebanyak 170 petinju siap bertarung di “Open Tournament Amateur Boxing Championship” sarung tinju Mangindaan Cup di Manado, Sulawesi Utara 14-18 Mei 2013.

Ketua Panitia, Fransisca Mangindaan, di Manado, Selasa, mengatakan, 170 peserta itu terdiri dari 25 petinju putri dan 145 petinju putra.

“Para petinju itu berasal dari 40 sasana atau daerah pada sejumlah provinsi di Indonesia,” kata Fransisca.

Fransisca Mangindaan menambahkan, selain itu terdapat peserta dari Singapura. Kejuaraan ini dimaksudkan antara lain untuk meningkatkan olahraga tinju di Indonesia khususnya Sulawesi Utara (Sulut).

Pada cabang olahraga tinju, Sulut pada beberapa tahun lalu memiliki atlet-atlet hebat yang berprestasi nasional maupun internasional.

Sulut memiliki banyak atlet berbakat dengan prestasi gemilang seperti Adrianus Taroreh dan Ilham Lahia.

“Melalui kejuaraan ini akan memotivasi atau memberikan semangat kepada para petinju muda untuk dapat meningkatkan prestasi,” katanya.

Fransisca mengatakan, kejuaraan ini akan berdampak positif bagi perkembangan prestasi dari para petinju kedepan.

Membuat “jam terbang” atau pengalaman bertanding bagi petinju muda bertambah. “Dengan latihan fisik serta teknik yang baik dan pengalaman bertanding bertambah, akan memberikan prestasi terbaik bagi para petiniu,” katanya.

Sementara itu peserta dari luar daerah diantaranya, DKI Jakarta, Ama Makassar, Kostrad Maros, Yalimo, Bogor, Ambon, Tarigan Boxing Camp Bekasi, Ternate, Maluku Utara, Musi Banyuasin, Baliem Boxing Camp Jayawijaya, Pegunungan Bintang.

Sedangkan sasana dari Sulawesi Utara diantaranya Panther, Pertiser, Malalayang Boxing Camp, RE Boxing Camp, Beringin Boxing Camp Tahuna, Porodisa Talaud, Kota Bitung, Tatelu Minut, ABC Tahuna.

Para petinju tersebut akan bertarung pada sejumlah kelas di tiga kategori masing-masing elite, youth dan junior baik putra maupun putri.

Selain itu juga mempertandingkan kategori usia 10-12 tahun khusus bagi petinju dari Sulut.TOR-02

 

TINGGALKAN KOMENTAR