MARTAPURA-(TribunOlahraga.com)

Tuan rumah Barito Putera berhasil menaklukkan tamunya, Mitra Kukar, dengan skor 5-1 pada putaran kedua Liga Super Indonesia di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Selasa.

Lima gol kemenangan tim berjuluk Laskar Antasari atas Mitra Kukar yang sama-sama berasal dari daratan pulau Kalimantan itu dicetak Riski Rizaldi Pora, Coulibaly Djibril, Oktovianus Maniani, Yongki dan Syaifullah N.

Tiga gol dicetak pemain Barito pada babak pertama dan dua gol disarangkan di babak kedua, termasuk gol saat perpanjangan waktu menit ke-91 dari kaki pemain pengganti Syaifullah Nazar.

Sedangkan satu-satunya gol balasan Mitra Kukar dicetak Ahmad Amiruddin yang menggantikan striker Jajang Mulyani di masa injury time menit ke-92 setelah memanfaatkan kelengahan pemain Barito usai mencetak gol kelima.

Permainan yang ditampilkan pemain Barito Putera pada laga perdana putaran kedua ISL sangat meyakinkan karena anak-anak asuhan pelatih Salahudin itu langsung bergerak menyerang sejak kick of.

Terbukti, pertandingan berjalan kurang dari satu menit, pemain tengah Barito Rizky Ripora menggetarkan jala gawang Mitra Kukar yang dikawal Syamsidar melalui tendangan di luar kotak 16 meter.

Unggul satu gol di menit pertama tidak membuat pemain Barito menurunkan tempo serangan dan tepat menit ke-9 kembali menambah keunggulan melalui tendangan penalti striker Coulibaly Djibril.

Gol ketiga babak pertama dicetak mantan pemain tim nasional Indonesia Oktovianus Maniani melalui tendangan bebas dari sudut kiri ke tiang jauh gawang Mitra Kukar tanpa mampu diantisipasi kiper Syamsidar.

Memasuki babak kedua pelatih Salahudin memasukan dua pemain pengganti yakni Yongky Ariwibowo dan Syaifulah sehingga semakin menajamkan serangan Barito Putera hingga menghasilkan dua gol tambahan dari kedua pemain itu.

Gol Yongky dicetak pada menit ke-77 setelah striker bernomor punggung 88 itu menerima umpan terobosan dari Dedi Hartono di dalam kotak penalti dan berhasil memperdaya kiper Syamsidar sehingga mengubah kedudukan 4-0.

Mitra Kukar sempat memiliki peluang emas mencetak satu gol melalui titik penalti pada menit ke-83, namun tendangan Esteban Jose Herera jauh melambung di atas mistar gawang Barito yang dijaga kiper Aditya Harlan.

Gol penutup Barito dicetak Syaifullah yang masuk menggantikan Djibril di masa perpanjangan waktu menit ke-91 melalui tendangan keras dari sisi kiri gawang Mitra Kukar setelah menerima umpan dari tengah lapangan.

Hanya berselang satu menit kemudian, memanfaatkan kelengahan pemain Barito usai menambah perbendaharaan gol, Ahmad Amiruddin yang lepas dari pengawalan berhasil mencetak gol balasan bagi Mitra Kukar.

Pelatih Barito Putera Salahuddin mengatakan, keberhasilan menundukan tim tamu dengan skor cukup telak itu tidak terlepas dari kekompakan dan semangat juang pemain untuk meraih kemenangan di kandang sendiri.

“Kunci kemenangan besar ini adalah kekompakan dan semangat juang pemain yang sangat tinggi. Mereka mampu menerapkan strategi yang kami instruksikan sehingga hasilnya maksimal,” katanya.. TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR