JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Ketika Alex Ferguson mengumumkan pengunduran dirinya yang menghebohkan dunia, maka sejumlah fans Manchester United (MU) merasa bahwa Jose Mourinho bakal menggantikan manajer asal Skotlandia itu.

david-moyesDugaan itu meleset. David Moyes akhirnya menerima tongkat estafet dari Ferguson. Dan Phil Neville, pemain yang relatif lama di bawah asuhan Ferguson, mengatakan pasukan Setan Merah memperoleh manajer yang tepat, sebagaimana dikutip dari situs The Sun.

Neville mengganggap Moyes sebagai “The Special One) sesunguhnya, bukan Mourinho. Pelatih asal Portgal itu dianggap memberi trofi kepada Real Madrid. Mou memutuskan kontraknya pada Senin (20/5), menyusul tekanan bertubi-tubi dari parapendukung setia Rea Madrid.

Mantan pemain bertahan timnas Inggris itu memandang Moyes jauh lebih oke ketimbang Mourinho, Carlo Ancelotti atau “gaffer” papan atas lainnya di Eropa.

Neville menyatakan, “David Moyes kandidat terbaik, seratus persen kandidat terbaik. Tentu anda akan menyerahkan tugas kepada pelatih yang terbaik di dunia, dan ia tentu kandidat terbaik.

“Ia memang tidak menangani United dalam dua atau tiga musim. Jika Mourinho mendarat ke MU, dengan segala rekam jejaknya selama ini, maka ia akan hengkang setelah tiga musim,” katanya.

“Orang banyak membicarakan Mourinho bahwa ia sosok ‘The Special One’, karena ia tampil sebagai gaffer yang punya keteguhan hati. United  bakal menatap 20 tahun ke depan. Mereka telah mengikat Moyes selama enam musim. Ia bakal ditempa menjadi manajer handal,” katanya.

“Mereka berinvestasi dalam diri seorang manajer, karena itu ia orang yang tepat menggantikan Fergie. Ia (Moyes) sosok produktif ketika menangani Everton di setiap musim. Ia membawa klubnya finis di papan tengah klasemen. Tentu ia menerima tekanan dengan keharusan memperoleh kemenangan dan merebut trofi,” katanya.

Lebih lanjut Neville menyatakan, “Saya belum pernah bersua dengan sosok yang mau bekerja keras seperti Alex Ferguson. Ia punya nama besar, karena ia telah bekerja keras.”TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR