JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Pelatih Bayern Muenchen yang sebentar lagi hengkang, Jupp Heynckes mengaku berharap seorang bintang Bayern mengalahkan Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia menyusul keberhasilan klubnya meraih treble bersejarah.

bayern2Messi (25) menjadi pemain terbaik dunia tahun lalu, namun Heynckes memperkirakan pemenang Ballon d’Or tahun ini berasal dari salah satu kuartet bintang Bayern.

“Saya kira berasal dari salah seorang dari empat pemain kami, yaitu kapten Philipp Lahm dan Bastian Schweinsteiger, kemudian Franck Ribery atau Thomas Mueller,” kata dia seperti dikutip AFP.

Setelah menjadi juara Liga Champions, kemenang 3-2 atas VfB Stuttgart pada final Piala Jerman Sabtu kemarin membuat Bayern menjadi tim Jerman pertama yang meraih treble Liga Champions, Piala Jerman dan juara liga.

Messi memenangi Ballon d’Or pertamanya dari empat kali berturut-turut meraih piala ini setelah Barca menciptakan treble pada 2009.

Namun pada 1999 pemain Barca asal Brazil, Rivaldo, justru meraih piala ini dengan menyisihkan David Beckham yang klubnya Manchester United menciptakan treble. Beckham kemudian menjadi pemain terbaik dunia pilihan FIFA.

Messi menjadi satu-satunya pemain yang memenangi Ballon d’Or setelah klubnya menciptakan treble.

Pada 1988 pemain AC Milan Marco van Basten yang justru mendapat tropi padahal PSV Eindhoven yang justru menciptakan treble.

Pada 1972 Ajax juga memenangi treble tapi yang mendapat Ballon d’Or malah pemain Bayern Muenchen Franz Beckenbauer. Sebelumnya pada 1967 pemain Hongaria Florian Albert dari Ferencvaros meraih penghargaan ini padahal yang menciptakan treble justru Glasgow Celtic.

Setelah mengantarkan Bayern menciptakan rekor 25 kali gelar Bundesliga, Heynckes (68) akan mengungkapkan masa depannya nanti Selasa lusa. Dia akan digantikan mantan manajer Barcelona Pep Guardiola mulai 26 Juni. TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR