JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Bermaterikan pemain-pemain berkualitas, tim sepakbola SIWO DKI Jaya I kembali diunggulkan dalam kejuaraan sepakbola antar wartawan Liga SIWO 2013 yang berlangsung 9-12 Juni di Stadion Bea Cukai Rawamangun Jakarta Timur dan Lapangan Latihan Timnas Kompleks Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

siwo-pwiTim SIWO DKI Jaya I yang ditangani pelatih Yusuf Kurniawan itu bergabung di Grup B bersama tim Jateng dan DIY. Sementara Grup B dihuni tim SIWO Jaya II, Jabar dan Jatim.

Tim SIWO Jaya I memang pantas diunggulkan karena selain juara bertahan (dua kali juara berturut-turut, 1999 dan 2006) kali ini berintikan pemain yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Antara Wartawan Nasional (PORWANAS) 2013 di Banjarmasin, Kalsel.   

Salah satu asisten pelatih tim SIWO Jaya I, Tonny Bramantoro mengatakan persiapan timnya menghadapi LIGA SIWO 2013 ini cukup matang.

‘’Kami memang tidak terlalu membebani para pemain karena LIGA SIWO 2013 ini hanya sebagai sasaran antara menuju PORWANAS,’’kata pria yang 95 kali memperkuat tim SIWO Jaya itu.

Namun tim SIWO Jaya I bakal mendapat ancama dari musuh bebuyutan tim SIWO Jatim yang kali ini juga datang dengan kekuatan terbaiknya.

Dua kali gagal di final LIGA SIWO sebelumnya, membuat tim SIWO Jatim tampaknya sangat berambisi mematahkan dominasi tim SIWO DKI Jaya.

Simak saja pernyataan kapten tim SIWO Jatim, Wahyu Hidayat. Menurut dia, kedatangan mereka di LIGA SIWO 2013 ini hanya dengan satu tujuan yakni siap meruntuhkan dominasi tim DKI Jakarta. Untuk mewujudkan target itu, Jatim telah cukup lama menyiapkan skuadnya, yang sebagian besar adalah para pemain yang ikut berkiprah pada Liga SIWO 2006 lalu.

.

‘’Selama dua penyelenggaraan Liga SIWO yaitu tahun 1999 dan 2006, Jatim selalu dikalahkan DKI di final. Untuk itulah, tahun ini, Jatim datang ke Jakarta dengan target meruntuhkan dominasi DKI Jakarta di kandangnya sendiri.“Target kami adalah juara. Kami sudah lama menantikan kejuaraan ini. DKI memang tim kuat, tetapi kami siap mengalahkan mereka,” ujar Wahyu.

Menanggapi pernyataan Jatim, Asisten Pelatih DKI 1 Tony Bramantoro mengaku, meski di Liga SIWO 2013 ini, DKI`1 tidak menargetkan timnya menjadi juara. Tetapi DKI 1 tetap akan selalu fight di setiap laga. Persiapan pun telah dilakukan DKI 1 dibawah asuhan pelatih kepala M Yusuf Kurniawan dan Manajer Heru Pujihartono.

Liga SIWO 2013 diikuti enam tim yaitu DKI 1, DKI 2, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta. Laga pembukaan akan dilakukan di Stadion Bea Cukai Rawamangun, Minggu (9/6). Pada pertandingan pertama, tim DKI 1 bertemu tim Jawa Tengah (Jateng), dilanjutkan laga selanjutnya tim Jawa  Barat (Jabar) menghadapi Jawa Timur (Jatim). Liga SIWO 2013 ini digelar atas dukungan Kantor Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, PWI Pusat, PWI Jaya, KONI, KOI, PSSI, PT Liga Indonesia, BLAI, Panasonic, JL Sport, Apacinti Corpora, Zentha Hitawasana, Restoran Sederhana Lintau, dan produsen air mineral Aqsi.

Menanggapi laga pertama melawan DKI 1, Kapten Jateng Gunawan Wibisono mengaku tidak ingin muluk-muluk. Menurutnya, keikutsertaan Jateng di Liga SIWO 2013 ini dengan target berpartipasi. Namun Jateng tetap berjanji akan menampilkan kemampuan terbaiknya.

“Kami berangkat ke Jakarta dengan persiapan pas-pasan. Tetapi kami tetap tidak ingin mengecewakan Jateng, kami siap all out. DKI 1 pasti tim kuat, apalagi berstatus sebagai juara bertahan, tetapi kami tidak gentar,” tukas Gunawan.

Sementara Manajer Jabar Wina Setyawatie mengatakan, sebenarnya Jabar tidak ikut cabang sepakbola di Porwanas mendatang. Namun pihaknya tetap memutuskan mengikuti Liga SIWO 2013 untuk meramaikan kejuaraan ini.

Hal serupa diutarakan perwakilan DI Yogyakarta, Fahrizal. Menurutnya selama ini tim sepakbola Yogyakarta memang jarang muncul di perhelatan event-event antar wartawan. Tetapi sejak tahun ini, DI Yogyakarta telah membentuk sebuah tim bermaterikan pemain-pemain yang lebih segar.

“Yang pasti kami murni tim wartawan. Kami memang seperti bayi yang baru lahir, tetapi kami tidak prematur. Pokoknya tunggu kiprah DI Yogyakarta di Liga SIWO 2013 ini,” ungkap Fahrizal.

DKI 2 Bidik Juara

Tim DKI 2 yang bermaterikan tim PSSI Pers, diam-diam ternyata membidik gelar juara Liga SIWO 2013 ini. Asisten Pelatih DKI 2 Ali Mahrus menegaskan, sebagai tim ‘buangan’ timnya memang dianggap underdog. Namun posisi itulah yang justru akan digunakan untuk memutarbalikkan keadaan.

“Kami memang ingin juara. Dan itu telah menjadi tekad seluruh pemain dan manajemen tim. Meski kami dianggapi underdog, kami siap mengalahkan tim-tim unggulan seperti DKI 1 dan Jatim,” tandas Ali.

JADWAL LIGA SIWO 2013:

MIINGGU (9/6):

GRUP A, MULAI 15.00 WIB (TIM SIWO DKI JAKARTA  1 VS TIM SIWO JAWA TENGAH)

GRUP B MULAI 16.30 WIB (TIM SIWO JAWA BARAT VS TIM SIWO JAWA TIMUR)

SENIN (10/6):

GRUP A, MULAI 15.00 WIB (TIM SIWO DKI JAKARTA 2 VS  TIM SIWO JAWA BARAT)

GRUP B MULAI 16.30 WIB (TIM SIWO DKI JAKARTA 1 VS TIM SIWO YOGYAKARTA)

SELASA (11/6) :

GRUP A MULAI 15.00 WIB (TIM SIWO JAWA TIMUR VS TIM SIWO DKI JAKARTA 2)

GRUP B MULAI 16.;30 WIB (TIM SIWO YOGYAKARTA VS TIM SIWO JAWA TENGAH)

RABU (12/6), LAPANGAN TIMNAS PSSI, SENAYAN

MULAI PKL  15.00 WIB:  PERTANDINGAN PENENTUAN PERINGKAT 3-4

MULAI PKL  16. 20 WIB:  F      I     N     A     L. TOR-02

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR