JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Machester United (MU) resmi membeli Guillermo Varela, bek timnas Uruguay U-20, dengan bayaran senilai 2,5 juta pound atau sekitar Rp38 miliar.

Pemain asal Penarol itu telah bergabung ke Old Trafford sejak musim lalu. Pembelian itu sempat memicu diskusi, antara lain apakah memang skuad MU memerlukan Varela untuk menempati posisi bek kanan, manakala Rafael tengah absen.

Fans MU harusnya menerima warta itu dengan sukacita. Ini karena stok MU di lini bek kanan, relatif terbatas. Chris Smalling dan Phil Jones kerapkali mengisi posisi bek kanan ketika Rafael absen, sebagaimana dikutip dari situs espn.

Smalling kerapkali tidak terlalu nyaman menempati posisi bek kanan, sementara Jones setali tiga uang karena pemain ini lebih cocok menempati peran sebagai gelandang bertahan.

MU kini sedang berbenah untuk melakukan “koreksi diri” terus menerus utamanya kesiapan amunisi. Langkah ini menyentuh sejumlah pemain inti, sebut saja David De Gea, Rafael, Robin van Persie dan Michael Carrick. Ini ditempuh sebagai upaya untuk mempertahankan gelar di musim mendatang.

Manajer anyar MU, David Moyes menyadari bahwa tantangan bakal lebih berat di musim depan. Ketiga pemain itu kerap disebut-sebut masih dapat ditingkatkan di masa depan.

Penampilan De Gea kerapkali mengundang sejumlah catatan kritis. Sementara dalam kasus van Persie, ketajaman striker ini memerlukan dukungan penuh dari sesama rekan pemain, utamanya di lini depan.

Javier Hernandez baru bersinar sejak tahun lalu. Masa depan Wayne Rooney masih simpang siur. Sementara Danny Welbeck dengan segala talentanya masih memerlukan “asupan gizi” untuk mempertajam naluri mencetak gol.

Jelas, bahwa MU sangat memerlukan pemain depan berkelas dunia sebagai respons atas lawan yang makin tangguh di musim depan. Skuad Setan Merah memerlukan kedatangan pemain sekelas Van Persie di lini depan.

Pertanyaannya sekarang, siapa yang akan didatangkan ke MU untuk melapis bahkan mengganti posisi Carrick? Sebagai gelandang, Carrick punya kontribusi positif di musim lalu. Penampilannya tenang dan punya kestabilan.

Banyak pihak menyebut bahwa pemain PSV Kevin Strootman dan pemain Barcelona Thiago Alcantara bakal dibidik MU. Lini tengah MU memerlukan dukungan sejumlah gelandang yang punya intuisi tajam.

Ini pekerjaan rumah Moyes. Sebagai musuh abadi MU, kubu Manchester City terus menambah amunisi dengan mendatangkan sejumlah pemain berkelas.   TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR