JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Ganda putra tuan rumah Indonesia mendominasi babak kualifikasi dengan meloloskan tiga pasangan dari empat jatah untuk bertanding di babak utama Kejuaraan Bulu Tangkis Djarum Indonesia Terbuka di Istora Senayan Jakarta, Senin.

ganda-putraKetiga pasangan dari delapan pasangan Indonesia yang bertanding di babak kualifikasi tersebut adalah Wijaya Rendra/Rian Sukmawan, Andrei Adistia/Gideon Markus Fernaldi dan Wahyu Nayaka Arya/Ade Yusuf.

Satu-satunya pasangan asing di luar pasangan tuan rumah adalah unggulan kedua Takeshi Kamura/Keigo Sonoda asal Jepang.

Wijaya/Rian lolos ke babak utama setelah mengalahkan unggulan teratas Chen Hung Ling/Lu Chia Pin asal Taiawan melalui pertarungan rubber-game 21-12, 17-21, 21-15.

Kemenangan tersebut sekaligus membalas kekalahan pasangan tuan rumah Indonesia lainnya, yaitu pasangan baru Bona Septano/Afiat Yuris pada pertandingan sebelummya dengan skor 13-21, 19-21.

Tapi pada pertandingan babak pertama babak utama yang berlangsung Selasa (11/6), Wijaya/Rian akan langsung “saling bunuh” dengan senior mereka Markis Kido/Alven Yulianto.

Sebaliknya di kelompok ganda putri, Indonesia hanya meloloskan satu dari sembilan pasangan yang tampil di kualifikasi, yaitu unggulan keempat Ririn Amelia/Anggia Shitta Awanda.

Ririn/Anggia menyisihkan sesama pasangan Indonesia Aris Budiharti/Dian Fitriani dua game langsung 21-13, 21-17.

Di tunggal putra, tuan rumah meloloskan dua pemain dari enam yang bertanding, yaitu Andre Kurniawan Tedjono dan Riyanto Subagja.

Andre menyisihkan sesama pemain Indonesia Arif Ramadhan melalui pertarungan rubber game 23-21, 19-21, 21-15, sementara Riyanto membuat kejutan ketika tanpa banyak kesulitan menyingkirkan unggulan keempat asal India Anand Pawar dua game langsung 21-18, 21-12 hanya dalam waktu 27 menit.

Di babak utama, Andre dan Riyanto sama-sama akan berhadapan dengan pemain India, RMV. Gurusaidutt dan Ajay Jayaram.

Di tunggal putri, pemain muda berusia 18 tahun Hana Ramadhini melanjutkan sensasi dengan meloloskan diri ke babak utama setelahkan menyingkirkan Simone Prutsch asal Austria dengan dua game langsung 21-9, 21-14.

Hana menyusul seniornya Maria Febe Kusumastuti yang sudah lebih dulu lolos setelahd menyingkirkan rekan senegara Ana Rovita 21-15, 20-22, 21-15.

Sebelumya, pemain junior tersebut mengalahkan tunggal terkuat Rusia, Natalia Perminova melalui pertarungan tiga game 11-21, 25-23, 21-7.

Saat ini masih berlangsung pertandingan di nomor tunggal putri Febby Angguni menghadapi unggulan ketiga Kaori Imabeppu asal Jepang.

Turnamen berhadiah 700 ribu dolar AS tersebut menggelar babak kualifikasi di semua nomor mulai Senin (10/6) pagi. Babak kualifikasi ini berlangsung dalam dua babak, yakni babak pertama di pagi hari, dan final kualifikasi yang digelar pukul 17.10 WIB. TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR