JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menggelar  kejuaraan lomba balap sepeda tingkat nasional (kejurnas) yang akan digelar pada 22 Juni 2013 di BSD City, Tangerang, Banten.

FPSJ-dan-ISSI-Gelar-KejurnaDalam kejurnas ini pihak PB ISSI membagi ke dalam dua kelas yaitu Criterium Race dan Team Time Trial. Khusus untuk Criterium Race, terdapat empat kategori yakni, Men Elite (usia di atas 19 tahun), Men Junior (usia 17-18 tahun), Master A (usia 35-39 tahun) dan Master B (usia 40-49 tahun).

Para peserta akan merebutkan Piala Tetap Ketua Umum KONI dan Piala Tetap Sinar Mas Land-Ti-Phone, serta hadiah total bernilai puluhan juta rupiah.

“Kejuaraan ini merupakan bukti eksistensi bangsa kita dikancah balap sepeda internasional yang diprakarsai oleh PB ISSI dan sponsor,” jelas Ketua Umum PB ISSI Edmound J Simorangkir, di Gedung KONI, Jakarta, Selasa (11/6/).

“Nantinya, hasil kejurnas akan dicatatkan dalam poin rangking pada tingkat dunia. Dan setiap negara di seluruh dunia diwajibkan untuk mengadakan kejurnas pada minggu ke-26 setiap tahunnya di negara masing-masing,” paparnya.

Seperti diketahui para pemenang kejurnas di kelas Men Elite akan diukur berdasarkan jumlah poin terbanyak setelah menempuh jarak 54 km, 36 lap dengan rute yang berulang-ulang sejauh 1,5 km/lap nantinya.

Kejurnas ISSI kali ini diselenggarakan bekerja sama dengan Forum Penggemar Sepeda Jakarta (FPSJ), Sinarmas Land dan Ti-Phone.

Kejurnas tersebut akan diikuti oleh 30 klub dengan menurunkan 42 tim yang akan berlomba di BSD City.

Sofyan menambahkan, PB ISSI masih mencoba mencari pendanaan untuk menggelar kejurnas road race dan cross country antara 21 dan 23 untuk memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh UCI untuk menambah poin bagi atlet di nomor tersebut.

“Kita masih usahakan untuk bisa menggelar Kejurnas karena sayang kan kesempatan dari UCI ini kalau dilewatkan,” tandasnya. TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR