JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Kejuaraan Taekwondo Asia Yunior ke-7 2013 yang berlangsung 20-23 Juni ini di Stadion Tenis Tertutup Kompleks Gelora Senayan Jakarta pada hakekatnya menjadi ajang mengukur keberhasilan pembinaan usia muda di kawasan Asia.

PB-TIDemikian dikatakan Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB.TI), Letjen TNI Marciano Norman kepada wartawan usai mendampingi Menpora Roy Suryo membuka secara resmi Kejuaraan Taekwondo Asia Yunior tersebut, Kamis, (20/6) pagi.

Menurut Marciano, khusus bagi Indonesia kejuaraan ini juga merupakan bagian dari program jangka panjang sebagai batu loncatan untuk kesuksesan para atlet di Olimpiade.

‘’Saya berharap Indonesia tidak hanya sukses menjadi tuan rumah tetapi juga mencatat prestasi terbaik,” kata Marciano yang juga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

Marciano lebih jauh mengatakan, untuk menghadapi Olimpiade 2016 di Rio de Jenairo, Brazil, Indonesia berjuang meloloskan taekwondoinnya ke pesta olahraga terbesar di dunia itu.

‘’Target kita lolos kualifikasi di Olimpiade 2016 dan PBTI sejak dua tahun lalu telah melakukan program pembinaan jangka panjang dengan focus pada atlet usia muda,’’papar mantan Pangdam Jaya ini.

Terakhir taekwondoin Indonesia yang lolos kualifikasi Olimpiade adalah Juwana Wangsaputri pada tahun 2004 di Athena, Yunani. Ketika taekwondo pertama kali dipertandingkan secara eksibisi di Olimpiade Barcelona, Spanyol, 1992, taekwondoin Indonesia sukses merebut 3 medali perak dan 2 perunggu.

Kejuaraan Taekwondo Asia Yunior kali ini diikuti 400 atlet dari 26 negara. Sebagai tuan rumah Indonesia dan Taiwan menjadi kontingen terbesar dengan mengirimkan 20 atlet, diikuti India 18 atlet, Lebanon (14), Uzbekistan (12), Cina, Iran, Vietnam (11), dan Malaysia (10). Kejuaraan itu akan mempertandingkan dua kategori kejuaaraan yaitu poomsae dan kyorugi.

Kejuaraan Asia Taekwondo Yunior resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo. Acara pembukaan diwarnai dengan penampilan dari Grup Korea Selatan yang melakukan atraksi beberapa jurus taekwondo yang diawali aksi Duta Taekwondo Indonesia, Tya Ariestya. TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR