JAYAPURA-(TribunOlahraga.com)

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengaku cukup puas dengan hasil imbang 3-3 dengan tuan rumah Persiba Balikpapan sehingga tim “Mutiara Hitam” tetap menjadi pemuncak klasemen Liga Super Indonesia.

Jacksen-Tiago“Kita tetap syukuri hasil imbang tersebut, karena torehan angka satu dari kandang Persiba sudah cukup menambah poin kita menjadi 64. Kita sudah analisa situasi di babak kedua akan lebih berat karena wasit dalam tekanan,” kata pelatih Jacksen , Sabtu.

Pelatih timnas senior itu juga menyampaikan bahwa dengan hasil seri dalam pertandingan pada Kamis (20/6) tersebut, pihaknya secara tidak langsung telah menyelamatkan wasit dari tekanan penonton tuan rumah Persiba.

“Hasil imbang ini juga ikut menyelamatkan wasit. Seandainya kemarin kita menang, kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan wasit Maulana Nugraha,” katanya.

Sementara itu, juru bicara Persipura Jayapura Bento Madubun menambahkan, pada istirahat babak pertama dalam pertandingan tersebut, pihaknya melihat wasit telah diintimidasi penonton.

“Jadi di jeda waktu babak pertama, beberapa pendukung Persiba berusaha mengejar dan memukul wasit Maulana Nugraha dan dua hakim garisnya, termasuk melempari mereka dengan botol bekas air mineral,” katanya.

Selain itu, lanjut Bento Madubun, bukan saja perangkat wasit yang mendapat perlakukan buruk tetapi pemain-pemain Persipura juga mendapatkan hal yang serupa. “Selama pertandingan di babak kedua, penonton tidak henti-hentinya melempari Boas Salossa dan kawan-kawan serta hakim garis. Kami punya foto yang bisa membuktikan aksi tidak terpuji pendukung tuan rumah,” katanya.

Dalam pertandingan yang disiarkan langsung salah satu TV swasta nasional itu, tim tamu Persipura Jayapura sempat tertinggal dengan satu gol diawal babak pertama dan bisa berbalik unggul setelah di menit 30-an babak pertama lewat dua gol penalti Otavio Dutra dan salah satu pemain Persiba terkena kartu merah karena menghalau bola.

Dibabak kedua, kapten tim Boas Salossa membuat Persipura unggul 3-1 setelah Persiba bermain dengan 10 orang saja. Namun pelatih Persiba Hery Kiswanto langsung menurunkan dua orang pemain bertipikal striker untuk mengejar ketertinggalan. Hal itu terbukti dengan dua gol diakhir 15 menit babak kedua lewat titik putih dan tendangan keras pemainya.

Dengan hasil tersebut Persipura tetap memimpin klasemen sementara Liga Super Indonesia dengan poin 64 dari 26 kali bertanding. Sementara Persiba Balikapapan tertahan di papan tengah.

Pada pertandingan berikutnya, Persipura Jayapura akan bertandang ke Stadion Demang, markas Barito Putra, yang pada pertandingan sebelumnya menang 6-0 atas Persiwa Wamena.TOR-02

 

TINGGALKAN KOMENTAR