JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Gorontalo mengirim sepuluh (10) atlet catur ke Kejurnas Catur ke-43 2013 yang berlangsung 29 Juni hingga 7 Juli di Wisma Haji Pondok Gede Jakarta Timur.

percasi-gorontaloTim catur Gorontalo yang dipimpin langsung Sekretaris Pengprov Percasi Gorontalo, Drs Kasmin Lahay itu berangkat dari Bandara Djalaluddin Gorontalo, Sabtu, (29/6) pukul 05.30 Wita pagi ini dan dijadwalkan tiba siang nanti di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten,

Menurut salah satu official tim catur Gorontalo, Ahmad Tunggali Spd yang ikut dalam rombongan itu ketika dihubungi DinamikaGorontalo.com dan TribunOlahraga.com semalam mengatakan, target mereka di kejurnas catur ini meraih prestasi terbaik.

‘’Kami tahu kekuatan catur di Indonesia ini masih dikuasai oleh mereka yang berada di Pulau Jawa. Namun kami dari Gorontalo tak hanya sekedar berpartisipasi. Itu artinya kami ingin berusa menembus kekuatan di Jawa. Persiapan anak-anak juga cukup memadai,’’kata Ahmad yang juga seorang guru ini.

Ahmad lebih jauh mengatakan, dari 8 atlet yang dikirim Pengprov Percasi Gorontalo ke kejurnas ini 7 diantaranya adalah atlet binaan Percasi Kabupaten Bone Bolango. Satu atlet lain berasal dari Kota Gorontalo.

Adapun atlet catur Gorontalo yang tampil di kejurnas catur berhadiah total Rp.202 juta itu adalah Mohamad Rifaldi Alie (Putra/SD), Danrian Hikaya (Putra/SD),  Mein Munriati Tunggali (Putri/SD), Newista Manti (Putri/SD), Kris Perdana Putra (Putra/SMP), Ridwan Manti (Putra/SMP), Kristatia Halubangga (Putri/SMP), Nurlela Halubangga (Putri/SMP)  untuk kelompok yunior. Tomi Katili, Jefri, Paisal untuk kelompok senior.

Mereka ini didampingi tiga orang oficial, selain Ahmad Tunggali juga Yusri dan Ibu Nariman.

Pelaksanaan Kejuaraan Nasional Catur ke-43 tahun 2013 mencatat rekor tersendiri dengan hadirnya 1.130 pecatur dari 32 Propinsi di Indonesia.

Kejurnas yang menurut rencana akan dibuka Menpora Roy Suryo dan dihadiri Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman dan Ketua Umum PB.Percasi Hashim Djojohadikusumo ini mempertandingkan tiga nomor  yakni standar, catur cepat dan catur kilat untuk 28 katagori mulai dari open, yunior putra-putri hingga veteran.

Ketua Panitia pelaksana Kejurnas Catur 2013 Hendri Hendratno  menyatakan, akan tampilnya 1.130 pecatur dari 32 propinsi menjadi rekor tersendiri selama pelaksanaan Kejurnas dan hingga kemarin hanya satu propinsi yakni Sulawesi Barat yang belum mendaftarkan pecaturnya.

“Secara teknis pelaksanaan Kejuaraan Nasional catur 2013 siap digelar dan pihak panitia telah mempersiapkan venues pertandingan maupun fasilitas lainnya dengan maksimal termasuk antisipasi penginapan,” ujar Hendri.

Pada bagian lain Hendri  Hendratno yang juga Sekjen PB. Percasi  menambahkan, untuk katagori pertandingan khususnya dibagian yunior tahun ini mengalami perubahan yakni menerapkan umur ganjil tidak genap seperti tahun-tahun sebelumnya.

Diberlakukannya  katagori umur ganjil adalah untuk mengantisipasi jenjang pembinaan pecatur katagori umur 19 tahun karena juaranya akan dipromosikan PB. Percasi untuk mengikuti berbagai kejuaraan internasional katagori umur tahun depan yakni bermain dikatagori 20 tahun.

Selain Kejurnas catur ke-43 tahun 2013 juga akan digelar Musyawarah Nasional Percasi mulai tanggal 4 s/d 6 Juli 2013, salah satu agenda utamanya adalah pemilihan Ketua Umum PB. Percasi masa bhakti 2013-2017 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.  TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR