Tiga pecatur nasional masing-masing IM Nasib Ginting, MN Suyud Hartoyo, dan MN Hudallah sementara memimpin di tempat pertama kejuaraan catur nasional hari ketiga yang berlangsung di Wisma Haji Jakarta Timur Selasa (2/7). Ketiganya memimpin degan poin tertinggi masing-masing mendapatkan poin 5 hasil dari kemenangan lima babak berturut-turut. Pada babap keempat, Nasib Ginting berhasil menumbangkan MN Budiman HS, Suyut Hartoyo berhasil menumbangkan IM Salor Sitanggang, dan MN Hudallah berhasil mengalahkan Deni Sanjaya. Dari ketiga pecatur terbaik ini, yang cukup mengejutkan adalah Hudallah, karena pada babak sebelumnya, keempat, yang berlangsung hari sebelumnya, dia mampu menumbangkan GM Cerdas Barus.
Pada babak keenam, Nasib Ginting (2394) akan berhadapan melawan Suyud Hartoyo (2368). Kemudian Hudallah (2263) akan berhadapan melawan Pitra Andika yang mengantongi poin 4,5. Bila Nasib Ginting mampu menumbangkan Suyud Hartoyo, otomatis dia akan memperoleh poin tertinggi dengan 6 poin dari enam babak yang dimainkannya. Sebaliknya juga demikian terhadap Suyud Hartoyo, diapun mendapatkan poin tertinggi.Kita berharap ketiganya mampu bermain sempurna sehingga mampu memenangkan babak berikutnya hingga selesai dan juara.
Sementara itu sejumlah pecatur papan atas, banyak yang terlempar dari 10 besar. Mereka di antaranya, IM Taufik Halay terlempar ke urutan 12 besar, Deni Sonjaya ke urutan 11, Salor Sitanggang terlempar ke urutan 13, IM Awam Wahono tersingkir ke urutan 14, dan IM Tirta Chandra Purnama juga terlempar ke urutan 15.
Posisi Tirta Chandra, Salor Sitanggang, dan Awang Wahono, cukup sulit, untuk bangkit dan kembali bersaing mendapatkan tempat terhormat. Lebih menyedihkan dari semuanya, adalah nasib GM Cerdas Barus yang terlempar cukup jauh ke urutan 64. Mungkin bagi Cerdas, Kejurnas kali ini sudah kiamat buat grandmaster yang cerdas ini.(mw)

TINGGALKAN KOMENTAR