JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Tim Indonesia XI menyerah 0-2 dari tamunya Liverpool FC pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu malam.

Gol kemenangan klub yang berjuluk The Reds ini diciptakan oleh Coutinho pada menit sembilan dan Raheem Sterling pada akhir babak kedua.

Kemenangan ini langsung disambut dengan Liverpudlian asal Indonesia dengan bersorak dan bernyanyi.

Indonesia XI yang tampil dengan menggunakan kostum Merah Merah Merah tampil cukup mengesankan pada awal babak pertama. Masuknya Ahmad Bustomi di lini tengah membuat permainan lebih terbuka.

Begitu juga dengan keberadaan Titus Bonai di lini depan. Pemain Seman Padang itu begitu dominan dan sering menyulitkan barisan pertahanan anak asuh Brendan Rodgers. Hanya saja tekanan Indonesia XI belum membuatkan hasil.

Justru The Reds yang tampil lebih efisien. Lewat permainan cantik antara lini tengah dan depan akhirnya Countinho mampu memecah kebuntuhan dengan membobol gawang Kurnia Meiga pada menit sembilan setelah mampu memperdayai barisan pertahanan Indonesia XI.

Tertinggal 0-1 anak asuh Jacksen F Tiago tidak patah arang. Duet Sergio van Dijk dan Titus Bonai terus berupaya memberikan tekanan. Bahkan Titus Bonai dua kali berhadapan langsung dengan Simon Mignolet namun belum membuahkan hasil.

Berbeda dengan Liverpool FC. Unggul 1-0, Steven Gerrard dan kawan-kawan bermain lebih taktis dengan menampilkan bola dari kaki ke kaki. Hasilnya Luis Alberto nyaris menggandakan keunggulan pada menit 29. Hanya saja tendangan kerasnya hanya membentur mistar gawang Kurnia Meiga.

Tekanan dari The Reds terus dilakukan. Hanya saja tim tuan rumah tinggal diam. Serangan yang dibangun anak asuh Brendan Rodgers masih mampu dipatahkan oleh Kurnia Meiga sehingga belum mengubah kedudukan. Kedudukan 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Liverpool FC melakukan penggantian pemain. Sang kapten Steven Gerrard ditarik keluar dan digantikan Joe Allen. Kondisi ini langsung dimanfaatkan oleh Indonesia XI untuk melakukan serangan.

Bahkan demi mempertajam serangan, Jacksen F Tiago menarik Sergio van Dijk dan memasukkan Boaz Solossa. Hasilnya variasi serangan ke pertahanan Liverpool FC lebih banyak. Namun demikian Liverpool terus melawan dengan masuknya pemain baru yang menggantikan semua pemain lama.

Masuknya tenaga baru ditubuh Liverpool FC membuat Indonesia XI terkurung. Tekanan demi tekanan dilakukan oleh Raheem Sterling, Assaidi maupun Borini. Hanya saja Kurnia Meiga mampu bermain cantik sehingga gawangnya masih aman.

Indonesia XI yang tidak ingin malu di kandang juga melakukan perombakan. M. Roby yang berposisi pemain belakang ditarik keluar dan digantikan Ferdinand Sinaga dengan harapan serangan semakin tajam. Hanya saja upaya menyamakan kedudukan belum berhasil.

Terus menyerang membuat pertahanan Indonesia XI lengah. Kondisi ini langsung dimanfaatkan oleh pemain The Reds yang salah satunya lewat Raheem Sterling. Hanya saja tengannya masih tipis disisi kiri gawang Kurnia Meiga.

Menjelang akhir babak kedua kedua tim terus berbalas menyerang. Namun Liverpool lebih beruntung. Melalui serangan balik yang cepat, pemain muda Raheem Sterling mampu membawa timnya unggul 2-0 atas Indonesia XI.

Upaya memperkecil ketertinggalan terus dilakukan oleh pemain Indonesia XI. Hanya saja hingga wasit Mohd Naffez bin Abdul Wahab asal Malaysia meniup peluit panjang tanda pertandingan usai kedudukan tetap 2-0 untuk keunggulan Liverpool FC.

Susunan pemain
Indonesia XI : Kurnia Meiga (pg), Ruben Sanadi, Victor Iqbonefo, M. Roby/Ferdinand Sinaga, Hasyim Kipuw/Yustinus Pae, Taufik, Ahmad Bustomi/Ahmad Juprianto, Raphael Maitimo, Vendry Mofu, Sergio van Dijk/Boaz Solossa dan Titus Bonai.

Adapun susunan pemain Liverpool FC : Simon Mignolet (pg), Glen Johnson, Jose Enrique/Jack Robinson, Daniel Agger, Kolo Toure, Lucas Leiva, Steven Gerrard/Joe Allen, Luis Alberto, Stewart Downing dan Coutinho.TOR-02/TOR-03

 

TINGGALKAN KOMENTAR