JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Bayern Muenchen yang diasuh Pep Guardiola menang 2-0 saat menjamu bekas klub Guardiola, Barcelona, dalam laga persahabatan di mana Barca hanya menurunkan para bintangnya sampai babak kedua berakhir.

Kendati tidak menurunkan pendatang baru dari Brazil yang belum lama ini dikontrak, Neymar, Barca menurunkan Lionel Messi, Javier Mascherano, Adriano, Alex Song dan Alexis Sanchez sebagai pemain inti tapi hanya selama babak pertama.

Dua gol dari Philipp Lahm dan Mario Mandzukic yang diciptakan pada babak pertama cukup mengantarkan juara Liga Champions League itu menang dari raksasa Catalonia itu di hadapan 71.137 penggemar Bayern di Allianz Arena.

Dengan meraih Piala Uli Hoeness yang adalah trofi untuk menghormati presiden Bayern, ini adalah piala pramusim kedua Muenchen dalam empat hari setelah memenangi final Piala Telekom hari Minggu lalu dengan skor 5-1 dari tamunya Borussia Moenchengladbach.

“Ini persiapan yang bagus untuk menghadapi Borussia Dortmund,” kata Guardiola merujuk pertandingan tandang Bayern ke Dortmund dalam rangka Piala Super Jerman hari Sabtu nanti yang adalah ulangan final Liga Champions yang berlangsung Mei.

“Barcelona selalu menjadi tim yang bagus dan mereka adalah ujian yang bagus bagi kami. Kami menciptakan banyak peluang dan kami harus meningkatan sentuhan akhir kami.”

Dengan 23 pemain yang ada pada skuadnya, Guardiola mengatakan akan ada kemungkinan pengurangan jumlah pemain setelah laga melawan Dortmund nanti.

Saat bertandang ke Muenchen tadi malam Barcelona seperti ingin membalas kekalahan 0-4 April lalu pada leg pertama semifinal Liga Champions di Muenchen, yang lalu disusul kekalahan 0-3 di kandangnya pada leg kedua.

Karena Gerardo Martino mesti balik ke Spanyol, pelatih caretaker Jordi Roura tak punya pilihan lain selain menghadirkan banyak pemain junior di babak pertama.

Sebaliknya, menjelang mulainya musim Bundesliga yang kian dekat, Guardiola memberi kesempatan bek Brazil Dante dan pemain timnas Jerman Bastian Schweinsteiger untuk kembali merumput setelah dibekap cedera dan ini adalah penampilan pramusim pertama mereka.

 

Messi menciptakan awal cemerlang dengan berlari melalui barian tengah Bayern namun tembakannya melenceng, sementara Toni Kroos memaksa kiper Barcelona Jose Manuel Pinto berjuang menyelamatkan gawangnya.

Franck Ribery dan Arjen Robben juga mencoba menciptakan peluang, lalu bola muntah dari bek Barcelona Adriano diambil Robben namun tidak berbuah gol pada lima menit babak pertama.

Bayern memimpin pada menit 13 manakala kapten Philipp Lahm menyambut umpan silang Ribery dengan sundulan yang tak bisa diselamatkan Pinto.

Di akhir babak pertama, kiper Bayern Manuel Neuer menghalau upaya Sergio Roberto. Kemudian Thomas Mueller yang bermain sebagai penyerang tunggal untuk Bayern,  nyaris menciptakan gol menjelang akhir babak pertama usai.

Babak kedua formasi tim tamu berubah besar, sementara Mandzukic menjadi salah satu dari 10 pemain baru yang dimasukkan di babak kedua itu.

Bayern menciptakan gol keduanya pada menit 87 minutes ketika Diego Contento memberi umpan yang disambut Mandzukic dengan tembakan jarak dekat, demikian AFP.TOR-03

 

TINGGALKAN KOMENTAR