JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Pertandingan persahabatan antara Indonesia All Star melawan Chelsea di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (25/7) bisa dikatakan sebagai ajang pembuktian bagi pemain muda Indonesia untuk unjuk kemampuan.

Rahmad Darmawan yang dipercaya menukangi Indonesia All Star telah memanggil 11 pemain muda U-23 yang selama ini menjadi tulang punggung Timnas U-23 untuk menghadapi SEA Games. Pemain ini akan didukung oleh pemain senior yang sudah kenyang pengalaman.

“Tim ini adalah kombinasi antara pemain senior dan junior. Kami memang memberikan peran lebih kepada pemain muda,” kata Rahmad Darmawan di Jakarta, Rabu.

Dalam latihan resmi di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa malam (23/7), pria kelahiran Metro Lampung ini telah mencoba beberapa formasi yang merupakan perpaduan antara pemain senior dan junior meski belum diumumkan nama-nama pemain yang akan menjadi tim inti.

Jika dilihat dari materi pemain yang dipanggil kemungkinan pelatih Rahmad Darmawan benar-benar memaksimalkan pemain muda. Namun, ada beberapa pemain muda yang sebelumnya telah memperkuat timnas senior.

“Kita ingin memainkan skema yang simpel (4-4-1-1) dan nanti saat pertandingan berlangsung akan dilakukan modifikasi,” kata Rahmad Darmawan menambahkan.

Untuk menghadapi anak asuh Jose Mourinho, Rahmad Darmawan kemungkinan menurunkan Kurnia Meiga (U-23) untuk posisi penjaga gawang. Untuk lini belakang Hasim Kipuw (U-23), Hamka Hamzah, Victor Iqbonefo, Seftiahadi (U-23).

Lini tengah kemungkinan akan diisi Ferdinand Sinaga atau Bayu Gatra (U-23), Ahmad Bustomi, Egi Melgiansyagh (U-23) dan Andik Vermansyah (U-23). Sedangkan lini depan kemungkinan diisi Titus Bonai dan Greg Nwokolo.

Dengan adanya perpaduan antara pemain senior dan junior, Rahmad Darmawan terus berusaha memadukan pemain yang ada. Bahkan simulasi dengan menggunakan pemain campuran juga sudah dilakukan meski tertutup.

“Intinya pemain harus disiplin dan tidak memberikan ruang pada pemain lawan terutama di daerah pertahanan sendiri,” kata pria yang juga pelatih klub Arema Indonesia itu.

Sebelum menjalani pertandingan persahabatan besok, Kamis (25/7), Ferdinand Sinaga dan kawan-kawan kembali digembleng latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Hanya saja latihan terakhir ini pelatih Rahmad Darmawan hanya memberikan materi latihan ringan

Sebelumnya pelatih Chelsea Jose Mourinho menyatakan jika timnya akan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Semua pemain yang dibawa ke Indonesia juga akan diturunkan semua dengan tim yang berbeda.

“Pertandingan nanti adalah tes bagi pemain. Gak ada strategi khusus. Yang jelas kami akan memberikan yang terbaik,” kata Jose Mourinho setibanya di Jakarta.

Selain melakukan pertandingan persahabatan melawan tim BNI Indonesia All Star, beberapa pemain Chelsea juga melakukan agenda lain diantaranya melakukan coaching clinic kepada pemain muda Indonesia.TOR-06

 

TINGGALKAN KOMENTAR