JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Tim FIBA Indonesia yang diwakili Tim Jakarta akan menjalani uji coba di Pacific Open yang berlangsung di Rusia jelang Grand Final Kejuaraan Dunia FIBA 3X3 2013 di Istanbul, Turki pada 7 September mendatang.

“Setelah menang di Jepang, tim kita mendapat undangan bermain di Rusia sekaligus sebagai try out untuk persiapan ke Turki,” kata pelatih tim, Anthony Gunawan, ditemui di Hall A Lapangan Basket Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Tim 3X3 Indonesia yang diperkuat oleh Wijaya Saputra, Vinton Nollan Surawi, Fandi Andhika Ramadhani, dan Rizky Effendi secara mengejutkan berhasil menjuarai FIBA 3X3 2013 seri Jepang dengan mengalahkan tim-tim terkuat yang mewakili Rusia, Lebanon, Selandia Baru, China, Taiwan, dan Jepang, Juli lalu.

Sejak berhasil menjadi juara dunia, Anthony mengatakan basket Indonesia lebih diakui dunia dengan diundang di beberapa kongres dan kejuaraan seperti di Rusia, Shanghai, dan Prancis. Untuk kejuaraan di Shanghai, China, Indonesia akan mengirimkan tim FIBA 3X3 U-20.

“Di Rusia nanti kita berkesempatan melihat Tim Kanada dan Amerika Serikat sehingga jadi tempat yang tepat untuk sparing dan coba strategi seperti apa menghadapi tim-tim itu yang pemainnya memiliki size lebih besar,” jelas Anthony.

“Kita memang baru sekali menang di Jepang, tetapi tetap ada celah. Di 3X3 ini three point penting, dan orang yang lebih kecil seperti Indonesia biasanya lebih jago,” tambahnya.

Sementara itu, Tim FIBA 3X3 U-18 bersiap untuk berlaga di Asian Youth Games (AYG) yang berlangsung di Nanjing, Korea Selatan, pada 16-24 Agustus 2013.

Pemain yang akan berangkat antara lain, Vincent Rivaldi Kosasih, Revaldo, Sandy Ibrahim, Alkristian Chandra dari tim putra. Sedangkan tim putri yakni Vinny Rusadi, Adriani Nabila, Calista Elvira, dan Monica Kristianti Halim.

“Kalau dari latihan semua pemain baik putra dan putri sudah meningkat kualitasnya,” kata Anthony. TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR