JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima bendera merah putih dari Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono selaku Komandan Pasukan “17 Tough Warriors” seusai para prajurit TNI itu menyelesaikan lari 17K “Independence Day Run Semangat 17/8 Untuk Merah Putih”.

Penyerahan bendera itu dilakukan di garis finis lomba lari untuk memperingati peringatan proklamasi kemerdekaan itu di Lapangan Silang Monumen Nasional, Jakarta, Minggu.

Berbeda dengan lomba lari sejenisnya, acara yang diawali dengan pengibaran bendera merah putih itu juga diikuti oleh “17 Tough Warriors” yang terdiri dari 17 prajurit TNI.

Mereka berlari dengan mengenakan pakaian dinas lapangan lengkap dengan perlengkapan tempur seberat 17 kg sejauh 17 kilometer dengan rute halaman depan Istana Merdeka, Jalan MH Thamrin, Semanggi, Sudirman, Sisingamaraja dan kemudian kembali ke Jalan Medan Merdeka.

Kegiatan ini disebut sebagai wujud penghormatan khusus untuk perjuangan pejuang TNI dalam kemerdekaan serta menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada Minggu pagi, Presiden Yudhoyono dengan didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono melepas ribuan peserta lari 17K dan 8K “Independence Day Run” itu.

Sekitar 5.000 orang yang mengenakan kaos berwarna merah mengikuti kategori 17 kilometer (17K) sementara itu 45 ribu peserta yang mengenakan kaso berwarna putih mengikuti kategori 8 kilometer (8K).

Acara itu diselenggarakan bertetapan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Thamrin dan Sudirman.

Presiden Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono tampak mengenakan kaos berwarna merah sementara itu Ibu Ani Yudiono dan Ibu Herawati Boediono mengenakan kaos berwarna putih.

Seusai melepas para peserta, Presiden beserta rombongan kemudian menuju garis finish di Lapangan Silang Monumen Nasional untuk menyambut para peserta.

Kurang dari 30 menit dari saat start, para peserta kategori 8K telah memasuki garis finish. Sekitar setengah jam kemudian baru diikuti oleh para peserta 17K.

Pada kesempatan itu Presiden Yudhoyono menyerahkan medali kepada para pemenang.

Selain para pemenang, seribu pelari pertama yang mencapai garis finish juga mendapatkan medali (Finisher Medal).

Acara penyerahan hadiah yang totalnya mencapai Rp1 miliar dimeriahkan oleh demonstrasi terjun payung sembari mengibarkan bendera Merah Putih yang dilakukan oleh prajurit TNI dan menyanyikan lagu karya Presiden Yudhoyono, “Majulah Negeriku”.

Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono adalah putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono, dan pernah mengemban tugas untuk Kontingen Garuda di bawah payung pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Libanon. TOR-04

 

TINGGALKAN KOMENTAR