JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Bagi Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB-FORKI) setiap keikutsertaan karateka Indonesia di even apa pun dan di manapun harus ada target. Karena dengan targetlah atlet memiliki motivasi sekaligus tantangan.Intinya tak ada istilah santai atau jalan-jalan. Oleh karenanya di ajang Islamic Solidarity Games dan SEA Games XXVII. Ketua Umum PP FORKI, Hendardji Soepandji menargetkan gelar juara umum di dua event tersebut.

“Target untuk Islamic Solidarity Games nanti adalah juara umum. Tapi berapa emasnya belum tahu,” kata Hendardji ketika ditemui usai acara pelepasan tim Karateka ke Finlandia, di Plaza FX, Senayan, Jumat (23/8/).

Target itu, menurut Hendardji, sudah sangat realistis mengingat pembinaan berlapis yang telah ia terapkan selama setahun belakangan.

“Kita selalu melakukan pembinaan tujuh lapis, secara rutin kami juga melakukan evaluasi dengan harapan kita tidak pernah kekurangan atlet. Sehingga kapanpun kompetisi digelar, cabang olahraga siap untuk membela bangsa dan negara. Ada kompetisi atau tidak, pembinaan juga selalu ada,” terangnya.

Tahun ini saja misalnya, Hendardji mengatakan untuk tim lapis 5,6, dan 7, sedang dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan daerah di Maluku. Sementara atlet lapis 4,3, dan 2 akan turun di Piala Mendagri di Denpasar, Bali. “Mereka yang mendapat medali pada kompetisi di Bali, akan dikirim ke Spanyol guna mengikuti kejuaraan di sana,” katanya lagi.

“Untuk yang lapis satu, jika tidak terus ditempa atau menjaga perfomanya akan diganti dengan yang lapis dua. Karena memang yang lapis dua ini, kami siapkan untuk menggantikan lapis pertama jika sudah uzur atau tidak berprestasi lagi,” jelasnya.

“Makanya yang jalan ke Finlandia ini diharapkan terus menjaga perfomanya hingga ISG dan SEA Games mendatang, jika tidak akan digantikan dengan lapis kedua.”

Rencananya tak hanya ISG yang ditargetkan Hendardji sebagai juara umum, pada pesta olahraga SEA Games di Myanmar, Desember nanti ia juga menargetkan yang sama. “Juara umum dengan jumlah 7 medali emas,” pungkasnya.TOR-05

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR