JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Pelatih timnas senior Jacksen F Tiago sudah mengetahui peta kekuatan timnas China yang akan dihadapi pada pertandingan babak penyisihan Piala Asia 2013. Kepastian itu didapatkan pelatih Persipura dari hasil kunjungan ke negeri Tirai Bambu selama sepekan.

“Saya baru saja kembali dari China untuk memantau kekuatan Cina. Dan, saya sudah mendapatkan rekaman pertandingannya,” kata Jacksen Tiago yang dihubungi melalui telepon selular, Minggu. (25/8/).

Untuk menghadapi pertandingan home yang digelar di Jakarta, 15 Oktober mendatang dan away 15 Nopember, kata jacksen, timnas senior membutuhkan pertandingan uji coba dengan tim yang kualitasnya cukup baik.

“Kita memang butuh uji coba dengan timnas negara lain yang kualitasnya lebih baik. Ini penting dalam upaya menambah jam terbang pemain,” katanya.

Tadinya, PSSI menjadwalkan timnas melakukan uji coba dengan timnas Hongkong, 29 September 2013. Namun laga itu sampai saat ini belum ada kepastiannya. Hal iti diakui Sekjen PSSI Joko Driyono beberapa waktu lalu. Menurut Joko, bila dalam waktu dekat ini Hongkong tidak memberi kepastian, maka ada dua alternatif lawan pengganti yaitu Korea Utara (Korut)  dan Taiwan.

“Rencana awal timnas akan menjalani uji coba dengan Hongkong. Tetapi, saya juga sudah mendengar adanya wacana timnas akan melakukan pertandingan dengan Korut. Tetapi, semua keputusan kan ada pada pengurus Badan Tim Nasional (BTN),” katanya.

Pelatih asal Brasil menilai prestasi sepakbola Korut memang lebih baik dari pada Hongkong. Apalagi, Korut sudah pernah tampil di Piala Dunia. “Dari segi prestasi Korut di atas Hongkong. Kalau bisa uji coba dengan Korut itu lebih baik,” tandasnya.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR