Dari POPSI Hingga Olimpiade
Namanya memang kurang dikenal bahkan bagi pecinta olahraga sekalipun. Padahal sebagai pelari cepat, Christian Nenepath  telah mempersembahkan prestasi membanggakan bagi bangsa Indonesia.
Tak hanya berprestasi di SEA Games, Christian juga mencatat prestasi membanggakan di Olimpiade Los Angeles (Amerika Serikat) tahun 1984. Bersama Johanes Kardiono, Ernawan Witarsa, dan Purnomo, Christian mencapai semifinal lari estafet 4 x 100 meter dan menjadikan Indonesia satu-satunya negara Asia yang mencapai semifinal Olimpiade di nomor tersebut.
Setahun kemudian, Christian yang berdarah Papua ini menjadi sprinter pertama Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas lari 100 meter putra di SEA Games XIII/1985 di Bangkok,
Sebetulnya  pada SEA Games 1985  itu,  sosok Christian tak diunggulkan karena masih ada pelari Indonesia lainnya yang dijagokan untuk meraih juara yaitu Purnomo Muhammad Yudhi.
Tidak banyak yang tahu bahwa Christian adalah alumni Pekan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (POPSI) kini POPNAS.
Christian yang mewakili kontingen Sulawesi Utara itu merebut medali emas nomor lari 100 meter pada POPSI tahun 1980 di Jakarta.
Keberhasilannya di POPSI itulah, mengantarkan Christian Nenepath merambah prestasi membanggakan hingga level Olimpiade.
Lima tahun lalu, Christian Nenepath yang mempersunting gadis kawanua itu dikhabarkan meninggal dunia karena sakit.(suharto olii)

TINGGALKAN KOMENTAR