JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Dua petenis papan atas dunia, Novak Djokovic dan Rafael Nadal – yang bersaing untuk menduduki peringkat teratas dunia – melewati pertandingan pembuka mereka dengan mulus di China Terbuka pada Selasa, namun unggulan teratas kategori putri Serena Williams harus bersusah payah untuk mencapai putaran ketiga.

Djokovic memberi sinyal terhadap niatnya untuk kembali merebut gelar yang ia menangi di ibukota China pada tahun lalu, dengan menaklukkan Lukas Rosol 6-0, 6-3. Petenis Serbia peringkat satu dunia itu – sekaligus unggulan teratas – menaklukkan penantangnya asal Ceko itu dalam waktu hanya 53 menit, lapor AFP.

Nadal, yang dapat mendepak Djokovic di peringkat teratas dunia tergantung apa yang terjadi di Beijing, mendapatkan perlawanan yang sedikit lebih berat dari Santiago Giraldo, di mana petenis Spanyol itu memetik kemenangan 6-2, 6-4 melalui pertandingan yang berlangsung selama 90 menit.

“Hari ini merupakan kemenangan penting bagi saya saat menghadapi lawan penting seperti Giraldo,” kata Nadal.

“Jika saya mampu tetap bermain baik setiap hari dan di level yang sama, saya akan memiliki kesempatan untuk berada di sana, untuk menjadi peringkat satu di masa yang akan datang.”

Unggulan kedua itu sekarang akan berhadapan dengan petenis Jerman Philipp Kohlschreiber, sedangkan Djokovic akan bertemu Fernando Verdasco di putaran kedua.

Unggulan ketiga David Ferrer memenangi pertandingan pembukanya melawan Vasek Pospisil asal Kanada dengan skor 6-4, 3-6, 7-6 (7/2), sehingga pada putaran kedua ia akan berhadapan dengan Marinko Matosevic, yang menaklukkan petenis Prancis Julien Bennteau 7-6 (7/5), 6-3.

Unggulan kelima Richard Gasquet dan unggulan keenam Stanislas Wawrinka keduanya juga melaju ke putaran selanjutnya.

Gasquet asal Prancis mengalahkan petenis Jerman Florian Mayer dengan skor 6-3, 7-6 (7/2), sedangkan petenis Swiss Wawrinka memerlukan tiga set untuk menundukkan Andreas Seppi asal Italia dengan skor 4-6, 6-3, 6-4.

Verdasco meraih kemenangan atas Somdev Devvarman dari India dengan skor 7-6 (8/6), 6-3, dan Sam Querrey asal AS menaklukkan Mikhail Youzhny dari Rusia dengan skor 7-6 (7/3), 6-3.

Unggulan kedelapan asal AS John Isner mengalahkan favorit tuan rumah Wu Di 5-7, 7-6 (7/4), 6-3.

Pada kategori putri, Williams, petenis peringkat satu dunia, hanya beberapa kali memperlihatkan permainan bertenaga yang menjadi ciri khasnya dan sering kali ia terlihat berada di bawah tekanan ketika ia akhirnya mampu mengalahkan petenis Italia Francesca Schiavone 6-4, 7-5 pada pertandingan putaran kedua.

Petenis AS itu melepaskan pukulan “upper hand” di set pertama dengan memanfaatkan kesalahan dari lawannya, yang melakukan kesalahan ganda pada kedudukan set point.

Namun Williams dipaksa menjadi lebih agresif pada set kedua setelah servenya dipatahkan di game pertama oleh Schiavone, pemenang Grand Slam pertama asal Italia, di Roland Garros pada 2010, dan saat ini menduduki peringkat 50 dunia.

Kompetisi yang bertambah panas membuat emosi kedua petenis memuncak, di mana Williams mengomel dan Schiavone memukul bola ke pembatas di sisi lapangan.

Namun Williams terlihat tampil lebih tenang – dan lebih hening – ketika ia menutup pertandingan ini dengan kemenangan.

“Saya mampu menyimpan sejumlah energi, maka saya mulai berjalan lebih lambat dan mendapatkan waktu lebih banyak. Ketika saya melakukan hal itu, saya sebenarnya telah memenangi tiga dari empat game berturut-turut,” ucapnya.

Williams akan berhadapan dengan Maria Kirilenko di putaran berikutnya setelah petenis Rusia itu mengalahkan Urszula Radwanska 6-4, 6-4.

Bintang China Li Na kembali menampilkan permainan menawan, saat ia mengalahkan petenis Serbia Bojana Jovanovski 6-0, 6-1.

Petenis unggulan keempat berusia 31 tahun dan favorit para penonton itu mengatakan ia merasa berada di bawah tekanan pada tahun ini, setelah pada dua kesempatan sebelumnya gagal melewati fase semifinal di turnamen tenis terbesar di China ini.

Kemenangan menentukan bagi juara Prancis Terbuka 2011 ini membuat dirinya mencapai babak 16 besar untuk menghadapi finalis Wimbledon Sabine Lisicki.

Bintang Jerman itu memastikan tempatnya dengan kemenangan 6-1, 6-2 atas saudara kandang Serena, Venus, yang gagal mengulang penampilan sebelumnya di Pan pacific Terbuka di Tokyo, di mana ia mencapai semifinal.

Unggulan ke-12 Carla Suarez Navarro mengalahkan petenis AS Lauren Davis 6-4, 6-2 untuk mengamankan tempatnya di babak 16 besar, sedangkan unggulan ketujuh Angelique Kerber menyingkirkan petenis remaja Laura Robson 6-1, 6-2.TOR-05

 

TINGGALKAN KOMENTAR