JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Indonesia Open Chess Championship (IOCC) ke-3 2013 kini menjadi salah satu even catur internasional yang paling bergengsi di kawasan Asia. Selain jumlah hadiahnya terbesar, para pesertanya pun berkelas dunia.

Demikian dikatakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB.Percasi), Hashim Djojohadikusuma dalam jumpa wartawan sebelum pembukaan IOCC oleh Menpora Roy Suryo di Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu, (9/10).

Oleh karenanya, Hashim yakin suatu saat IOCC ini menjadi sasaran utama bagi para pecatur kelas dunia.’’Ada 30 negara ambil bagian dan 70 pecatur asing. Dari jumlah 70 itu, 39 diantaranya bergelar Grand Master (GM). Ini membuktikan, pecatur yang hadir di IOCC ini kelas berat karena elo rating mereka di atas 2200,’’kata Hashim sembari menyebut elorating tertinggi adalah 2720 atas nama GM Alexander Moissenko dari Ukraina.

Ia  berharap IOCC III 2013 akan mampu mendongkrak prestasi pecatur muda Indonesia. Sejak awal Percasi seperti dikatakan Hashim, IOCC ini akan menjadi kesempatan bagi para pecatur muda Indonesia, terutama putra untuk meningkatkan prestasi mereka,

IOCC III 2013 yang digelar 9-18 Oktober berlangsung 11 babak sistim Swiss. Hashim juga menambahkan, IOCC ini menjadi bagian dari promosi Indonesia untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade Catur pada tahun 2018.

Dalam kejuaraan catur berhadiah total 100.000 dolar AS itu, FIDE sebagai organisasi catur dunia telah mengapresiasi IOCC ini.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) PB.Percasi, Kristianus Liem mengatakan, kelas IOCC ini lebih tinggi disbanding Biel Master di Belanda dan Dubai Open.

‘’Di kawasan Asia sendiri, turnamen catur terbuka memang tidak banyak. Dan IOCC ini lebih berkelas jika melihat jumlah Negara peserta dan pecatur top dunia yang datang. Belum lagi jumlah hadiah uangnya,’’kata Kristianus Liem.

Mengenai target, Kristianus mengatakan, secara prinsip memang pihaknya saat ini menargetkan lebih banyak lagi pecatur nasional yang memiliki gelar Grand Master.

‘’Kalau untuk GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar dan bintang baru WGM Medina Warda Aulia tentu diharapkan mampu bersaing minimal masuk 10 besar atau syukur-syukur bisa lebih dari itu,’’tambahnya.

Sementara itu Menpora Roy Suryo dalam sambutannya menegaskan, prestasi catur Indonesia sekarang ini lagi menggeliat. Ia berharap momentum ini jangan sampai hilang.

Menpora percaya di bawah kepemimpinan Hashim Djojohadikusumo, prestasi catur Indonesia akan lebih mendunia..’’Melalui IOCC ini juga saya berharap akan lahir Grand Master baru dari Indonesia,’’kata Roy Suryo.

Menpora kemudian sempat bercakap-cakap dengan GM Nigel Short (Inggris) yang pernah menjadi penantang GM Garry Kasparov dalam Kejuaraan Dunia tahun 1996 dan GM Alexander Moissenko (Ukraina) juara Eropa 2013.

Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan tari Saman dari Aceh. Pertandingan babak pertama IOCC itu sendiri baru akan dimainkan Kamis, (10/10) ini. Jalannya pertandingan untuk beberapa partai utama akan disiarkan secara langsung melalui tayangan video yang memang disiapkan oleh panpel.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR