SURABAYA-(TribunOlahraga.com)

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menangis, setelah Timnas U-19 Indonesia memastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2014, usai menaklukkan Korea Selatan dengan skor 3-2 sekaligus menjadi juara grup G babak kualifikasi.

“Alhamdulillah, puji syukur Timnas mampu menang dan lolos ke putaran final. Ini buah dari doa semua rakyat Indonesia,” ujar Menpora, setelah acara nonton bersama di Hotel Mercure Surabaya, Jawa Timur, Sabtu malam.

Tepat setelah wasit dari Malaysia meniup peluit tanda pertandingan berakhir, Roy Suryo yang didampingi Presiden Klub Arema Cronous sekaligus Bupati Malang Rendra Kresna didampingi Iwan Budianto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jatim Sugeng Royono, dan sejumlah tokoh lainnya langsung bergenggaman tangan dan berdoa.

“Kalau bukan dari Tuhan Yang Maha Esa, tidak mungkin Indonesia bisa melangkah ke babak berikutnya. Ini sesuatu yang luar biasa dan Timnas U-19 mampu mencetak rekor sekaligus sejarah baru,” katanya.

Melihat permainan tim, Roy Suryo mengaku bangga dan semoga menjadi awal kebangkitan sepak bola Indonesia di mata dunia.

Setelah mampu menjadi yang terbaik di tingkat Asia Tenggara, Tim Garuda Jaya itu diharapkan bisa berbuat banyak di putaran final Piala Asia tahun depan yang diselenggarakan di Myanmar.

Menteri yang juga ahli telematika tersebut sempat meminta maaf karena tidak bisa mendukung langsung perjuangan Evan Dhimas dkk, karena pada Sabtu (12/10) sore harus membuka kejuaraan tinju internasional Piala Pangdam V/Brawijaya di Surabaya.

Kendati demikian, pihaknya yakin anak asuh Indra Sjafri tersebut bisa menjawab keraguan dan mencetak sejarah dengan meloloskan Timnas ke Piala Asia U-19.

“Pesan saya ke pelatih Indra Sjafri, jaga soliditas dan kekompakan pemain. Jangan sampai ada gangguan internal maupun eksternal di tubuh tim. Mereka-mereka ini nantinya yang akan mewakili Indonesia di SEA Games 2017,” kata Roy Suryo pula.

Timnas U-19 sukses melangkah ke putaran final setelah pada pertandingan terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Utama Gelora Bung Karno ini menumbangkan Korea Selatan 3-2.

Tiga gol kemenangan Garuda Muda diciptakan Evan Dimas pada menit 30, 49 dan 85 yang menciptakan hattrick baginya.

Sedangkan dua gol balasan dari Korea Selatan dihasilkan Seol Taesu pada menit 33 melalui tendangan pinalti dan Shu Meonghwon pada menit 88.

Hasil pertandingan ini, Timnas U-19 mendapat tiket ke Piala Asia dan bergabung dengan 15 tim lain di antaranya sudah memastikan lolos terlebih dahulu, adalah Vietnam, Oman, Irak, Uni Emirat Arab dan beberapa kesebelasan di Asia lainnya.TOR-15

TINGGALKAN KOMENTAR