SEKAYU-(TribunOlahraga.com)M
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Sekayu, Sumsel, Sabtu mengatakan bahwa Musi sebagai sungai terpanjang di Sumatera akan dijadikan sebagai pusat kegiatan olahraga dan wisata sungai di Tanah Air.

“Secara perlahan, saya berharap masyarakat nantinya menjadikan sungai sebagai halaman depan, bukan justru membelakangi sungai,” kata Sapta saat membuka secara resmi Musi Triboatton 2013.

Musi Triboatton adalah lomba yang memadukan jenis rafting, kayak, dan perahu tradisional menyusuri Musi sepanjang 500km.

Sapta berharap Musi Triboatton semakin dikenal dan digemari sehingga bisa dicontoh oleh daerah lain.

Event yang menyediakan total hadiah Rp350 juta itu akan diikuti oleh sembilan peserta dalam negeri (Sumsel 1, Sumsel 2, Jawa Barat, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Bangka Belitung dan Sumatera Utara) serta empat peserta dari luar negeri (Singura, Malaysia, Inggris, dan Irlandia),

Lomba akan dimulai dari Kabupaten Empat Lawang dan berakhir di pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang.

Tim yang masing-masing terdiri atas 15 peserta akan menjelajahi Sungai Musi dan melewati Kota Palembang, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten Banyuasin.

Perlombaan dibagi menjadi lima etape, yaitu Etape I: Tanjung Raya-Tebing Tinggi (40km), etape II: Tebing Tinggi-Muara Kelingi (60km), etape III: Muara Kelingi-Sekayu (90km), etape IV: Sekayu-Pengumbuh (90km), dan etape V: Pengumbuh-Palembang (90km).TOR-17

TINGGALKAN KOMENTAR