foto : koni.or.id
foto : koni.or.id
foto : koni.or.id

JAKARTA-(TribunOlahraga.com) Ketua Umum PB.Forki, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepanji tak kuasa menahan air matanya karena terharu atas dukungan yang luar biasa BRI terjadap karate Indonesia.

Mantan Komandan Pusat Polisi Militer (Dan Puspom) TNI itu menilai, dukungan BRI terhadap pembinaan cabang karate di Indonesia sudah sangat luar biasa.

Sejak menjadi bapak angkat cabang karate, PB.Forki seperti dikatakan Hendardi, sangat terbantu baik dalam hal pembinaan sampai pengiriman atlet ke luar negeri.

‘’Tak ada kalimat yang pas saya ucapakan kepada Pak Basir selaku Dirut BRI kecuali ucapan beribu-ribu terima kasih dan rasa hormat setinggi-tingginya karena telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada karate,’’kata Hendardji dalam acara pelepasan timnas karate Indonesia ke SEA Games XXVII/2013 Myanmar, Jumat (6/12) di Gedung BRI I Jakarta.

Hendardji kemudian menegaskan, perhatian luar biasa dari BRI ini akan dijawab dengan prestasi oleh para karateka Indonesia.’’ Kami sadar, dukungan dari BRI ini harus dijawab dengan prestasi dan para karateka pun telah bertekad untuk tidak mengecewakan BRI,’’papar mantan Wakil Ketua Umum KONI Pusat ini.

Di SEA Games 2013 Myanmar ini, karate kembali bertekad menjadi juara umum seperti pada SEA Games dua tahun lalu di Jakarta-Palembang. Waktu itu, karate merebut 10 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu.

Dalam kesempatan itu Hendardji juga minta kapada BRI agar memberikan kesempatan kepada para karateka berprestasi menjadi karyawan di BRI di sesuaikan dengan daerah atlet bersangkutan. Sebagai contoh, karateka Papua menjadi karyawan BRI Papua, karateka Aceh menjadi karyawan BRI di Aceh dan seterusnya.

‘’Pasalnya menjadi atlet berprestasi itu waktunya tidak lama. Paling banter sampau usia 30 tahun, kecuali Umar Syarif yang masih bisa berprestasi di usia 35 tahun,’’tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama BRI, Sofyam Basir menanggapi positif pernyataan Hendardji tersebut. Ia menjelaskan bahwa, BRI siap membantu sekaligus memperhatikan masa depan atlet.

‘’Saya kira apa yang disampaikan Pak Hendardji tadi sungguh menggelitik hati kami karena bagaimana pun juga atlet perlu jaminan masa depan. Jangan sampai setelah pensiusan dari atlet, masa depan mereka tak jelas,’’papar Basir.

Basir lebih jauh mengatakan, Bank BRI terus menjaga komitmennya untuk memajukan olahraga karate di Indonesia. Sejak September 2010, Bank BRI resmi menjadi bapak angkat cabang karate. Bahkan, sudah banyak yang dilakukan Bank BRI dalam membantu memajukan karate Indonesia, termasuk turut serta menyukseskan karate menjadi juara umum SEA Games 2011 Jakarta-Palembang.

Dukungan Bank BRI terhadap karate dimulai saat membantu menyukseskan program Kejuaraan Karate Indonesia Open II di Bali, September 2010.
Bank ini juga turut mendukung partisipasi tim pelatnas karate SEA Games 2011 di Kejuaraan Dunia Karate (WKF) di Beograd, Oktober 2010.

Dukungan tersebut dilakukan Bank BRI jauh sebelum adanya keputusan pemerintah bahwa setiap BUMN harus membantu salah satu cabang olahraga di Indonesia demi menyukseskan SEA Games 2011.

‘’Hasilnya, tim karate Indonesia mampu mencatatkan prestasi sebagai juara umum SEA Games 2011 dengan 10 medali emas, 2 perak, dan 4 perunggu. Jumlah itu melampaui target Pengurus Besar Federasi Karate-Do Indonesia (PB Forki) yang hanya menargetkan 7 medali emas dari ajang multievent Asia Tenggara tersebut. Tentunya, itu prestasi yang luar biasa. Kami dari BRI seperti sudah menjadi sang juara,’’tambah pria berbadan atletis itu.

Tahun ini, Bank BRI kembali memberikan dukungan penuhnya terhadap karate Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2013 di Myanmar. Bahkan, Bank BRI telah menggelontorkan dana senilai Rp.6 miliar untuk mendukung misi besar karate Indonesia mempertahankan gelar juara umum di Myanmar.

Selain itu juga BRI memberikan dana tambahan berupa uang saku atlet, pelatih dan ofisial untuk SEA Games 2013 Myanmar sebesar Rp.1,5 miliar. Dana itu juga nantinya akan dialokasikan untuk bonus

Bank BRI sendiri seperti dikatakan Basir, sangat senang membantu perkembangan karate. Sebab, itu bagian kepedulian Bank BRI kepada lingkungan sekitarnya.

“Harapan Bank BRI dengan mendukung olahraga karate akan mendapat respons positif dari seluruh atlet karate dengan memberikan prestasi terbaik yang pada akhirnya dapat mewujudkan Kebanggaan Berindonesia dengan mengharumkan nama bangsa dan negara di berbagai kompetisi regional maupun dunia,” tambah Sofyan.TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR